Ini Spesifikasi KRI Teluk Calang-524 Kapal Perang Baru Milik TNI AL

VIVA Militer: Kapal perang KRI Teluk Calang-524
VIVA Militer: Kapal perang KRI Teluk Calang-524
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini kembali meresmikan kapal perang baru yang akan memperkuat deretan alutsista TNI Angkatan Laut

Kapal perang baru itu adalah KRI Teluk Calang-524. Kapal perang jenis Angkut Tank (AT) yang memiliki kemampuan mengangkut Tank jenis Leopard hingga 10 unit Tank Leopard itu rencananya akan memperkuat jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang bermarkas di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, KRI Teluk Calang-524 merupakan kapal angkut Tank yang dipesan secara khusus oleh TNI Angkatan Laut kepada salah satu perusahaan galangan kapal PT. Daya Radar Utama, Lampung. 

"Jadi KRI Teluk Calang-524 ini adalah salah satu kapal perang jenis angkut Tank buatan perusahaan dalam negeri, Indonesia. Dua unit kapal dengan jenis yang sama yaitu KRI Teluk Youtefa-522 dan KRI Teluk Palu-523 sebelumnya juga telah diresmikan dan saat ini bertugas di Kolinlamil," kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin sore, 8 Agustus 2022.

Untuk diketahui, kapal perang KRI Teluk Calang-524 mempunyai spesifikasi dengan panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton.

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Yudo usai meresmikan KRI Teluk Calang-524

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Yudo usai meresmikan KRI Teluk Calang-524

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimum 16 knot, kecepatan jelajah 14,8 knot, dan kecepatan ekonomis 13,6 knot.