Terkepung Prajurit TNI di Gubuk, Bandar Sabu Malaysia Kontak Tembak

VIVA Militer: Bandar narkoba yang diamankan Satgas Yonif 645/GTY.VIVA Militer: B
Sumber :

VIVA – Prajurit militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru saja berhasil meringkus bandar narkoba dari Negeri Jiran Malaysia di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Penangkapan bandar narkoba asal Malaysia itu dilakukan prajurit TNI Angkatan Darat dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, Batalyon Infanteri (Yonif) 645/Gardatama Yudha dari Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan TNI Angkatan Darat dilansir VIVA Militer, Rabu 10 Agustus 2022, bandar narkoba itu ditangkap prajurit TNI saat bersembunyi di sebuah gubuk di perbatasan negara Dusun Jagoi Babang, Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

VIVA Militer: Bandar narkoba yang diamankan Satgas Yonif 645/GTY.

Photo :

Tiga bandar narkoba berikut barang bukti sabu-sabu sebanyak 96 gram berhasil diamankan prajurit TNI dari lokasi penangkapan. Ketiganya berinisial AR, DN dan CR.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

Menurut Komandan Satgas Yonif 645/GTY, Letnan Kolonel Inf Hudallah, penangkapan itu berawal dari adanya laporan dari kepolisian tentang upaya penyelundupan narkotika dari Malaysia ke Indonesia.

Setelah mendapat laporan itu, prajurit TNI bergerak melakukan pengintaian jalur titik 0 PLBN. Tak lama pelaku terpantau melintasi perbatasan dan masuk ke wilayah NKRI.

VIVA Militer: Barang bukti narkoba yang diamankan Satgas Yonif 645/GTY.

Photo :

Prajurit TNI tak bertindak gegabah, sebelum dilakukan penyergapan terlebih dahulu berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Lalu disusunlah rencana penyergapan. Targetnya sebuah gubuk tak jauh dari pembangunan PLBN.

Pengepungan dilakukan prajurit TNI dan personel polisi. Namun, ternyata pelaku melakukan perlawanan. Kontak tembak terjadi, mereka menembak dari dalam gubuk dengan senapan angin.

Tapi perlawanan pelaku tak lama. Mereka menyerah dan akhirnya dibekuk. Di gubuk itulah ditemukan barang bukti narkoba dan senjata baru mereka bawa dari Malaysia.

"Hasil pemeriksaan terhadap tersangka, mereka mengaku narkoba itu akan diedarkan di Indonesia dan juga dikonsumsi sendiri," kata Letkol Inf Hudallah.

Baca: Lama Sesat, Camat Negara Islam Bertobat di Hadapan Jenderal TNI Kunto

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya