KSAL Yudo Bertemu Jenderal Perang Kawasan Pasific US Navy, Bahas Apa?

VIVA Militer: Kasal Laksamana TNI Yudo sambut Command Admiral John Aquilino
VIVA Militer: Kasal Laksamana TNI Yudo sambut Command Admiral John Aquilino
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyambut kedatangan jenderal perang Amerika Serikat untuk kawasan Indo-Pasific, yaitu, The Commander of The United States Indo-Pasific Command Admiral John Aquilino di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, 11 Agustus 2022 kemarin.

Orang nomor satu di matra Angkatan Laut itu juga sempat menggelar pertemuan secara khusus dengan Command Admiral John Aquilino bersama empat Perwira Staf dari Kedutaan Amerika Serikat yang datang untuk meninjau pelaksanaan Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield 2022 yang saat ini masih berlangsung.

Dalam pertemuannya dengan Kasal, Jenderal Bintang Empat Angkatan Laut Amerika Serikat (US.Navy) itu menyampaikan ucapan terimakasih dan merasa terhormat atas penyambutannya di Bandara Halim Perdana Kusuma. 

Admiral John Aquiliino juga menanyakan pelaksanaan Latmagab Super Garuda Shield TNI Angkatan Laut yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang juga melibatkan beberapa unsur kapal perang US Navy untuk mendukung TNI AL dalam Latihan tersebut. 

VIVA Militer: Kasal Yudo berbincang-bincang dengan Command Admiral John Aquilino

VIVA Militer: Kasal Yudo berbincang-bincang dengan Command Admiral John Aquilino

Photo :
  • Dispenal

"Kita siap mendukung Indonesia dalam menyelenggarakan Latihan bersama," kata Command Admiral John Aquilino.

Sementara itu, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yang juga didampingi Asintel Kasal, Pangkoopsud I, Danlantamal III Jakarta dan Sintel Hublu menyampaikan penghargaan atas dukungan partisipasi US Navy dalam rangka latihan bersama Super Garuda Shield dimana TNI AL mengerahkan empat kapal perang yakni KRI Bung Tomo-357, KRI Frans Kaisepo-368, KRI John Lie-358, KRI Makassar-590, 1 heli AKS Panther HS-1311, 5 LVT-7 Kormar, dan 1 Kompi infanteri mekanis serta dua tim pasukan khusus dari Taifib dan Kopaska tersebut.

"Memang saat pelaksanaan latihan Super Garuda Shield cuaca kurang mendukung, atau cuaca buruk namun giat latihan berjalan lancar," kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Kasal juga menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut siap bekerja sama dan pelatihan bersama US Navy dimana kesepakatan selanjutnya akan dibahas dalam Navy to Navy Talk (NTNT).