Letjen TNI Eko Margiyono: Jangan Ada yang Mengambil Hak-hak Anggota!

VIVA Militer: Kasum TNI Letjen Eko Margiyono temui prajurit Yonarmed 1 Kostrad
VIVA Militer: Kasum TNI Letjen Eko Margiyono temui prajurit Yonarmed 1 Kostrad
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI Eko Margiyono Kamis kemarin, 11 Agustus 2022 secara khusus mendatangi Markas Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 1 Kostrad di Singosari, Malang, Jawa Timur. 

Kedatangan jenderal bintang tiga TNI Angkatan Darat itu dalam rangka melakukan pemeriksaan kesiapan operasi (Riksiaops) yang akan dilakukan oleh prajurit Yonarmed 1 Kostrad ke wilayah tugas Maluku dalam waktu dekat ini.

Di hadapan 500 prajurit tempur Kostrad itu, Kasum TNI Letjen Eko Margiyono mengingatkan, bahwa penugasan bagi setiap prajurit TNI Angkatan Darat merupakan sebuah kehormatan. Dia menegaskan, prajurit yang ditugaskan ke daerah operasi adalah prajurit-prajurit pilihan, dan daerah operasi bukan tempat bagi prajurit yang berbuat kesalahan atau pelanggaran.

"Daerah operasi bukan tempat hukuman, melainkan tempat terhormat. Makanya kamu harus bangga bisa berangkat ke daerah penugasan," kata Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono di hadapan prajurit Satgas Yonarmed 1 Kostrad, dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Penkostrad, Jum'at, 12 Agustus 2022.

Mantan Danjen Kopassus tahun 2018-2019 itu juga berpesan kepada Dansatgas dan Para Perwira Yonarmed 1 Kostrad yang akan memimpin satuan di lapangan agar tidak lupa untuk memperhatikan hak-hak prajurit di wilayah penugasan.

"Sampaikan seluruhnya dengan jelas. Kalau sudah haknya kamu berikan, kamu bisa tuntut kewajibannya. Jangan terbalik-balik, jangan ada yang mengambil hak-hak anggota!" ujarnya.

VIVA Militer: Kasum TNI Letjen Eko Margiyono tiba di markas Yonarmed 1 Kostrad

VIVA Militer: Kasum TNI Letjen Eko Margiyono tiba di markas Yonarmed 1 Kostrad

Photo :
  • Penkostrad

Lebih jauh lagi, Letjen TNI Eko juga meminta kepada seluruh anggota Satgas Yonarmed 1 Kostrad yang akan melaksanakan tugas ke wilayah Maluku agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak berbuat pelanggaran di wilayah tugas masing-masing.

Dia pun menegaskan, tugas pokok Satgas Yonarmed 1 Kostrad di wilayah Maluku adalah melaksanakan pembinaan teritorial dengan merangkul masyarakat di wilayah tugas masing-masing. "Meskipun di sana ada Babinsa, kalian harus tetap membantu masyarakat di sana. Kalian harus dapat merangkul mereka," kata mantan Pangkostrad itu menegaskan.

Di akhir arahannya, Letjen TNI Eko juga berpesan kepada seluruh prajurit tempur Yonarmed 1 Kostrad agar tetap menjaga kekompakan dan disiplin dalam menjalankan tugas operasi. Dengan demikian, lanjut Letjen TNI Eko, dirinya berharap, berangkat 500 personel, maka kembali ke Tanah Jawa juga dengan jumlah yang sama. 

"Tetap berdoa, apapun agama kalian. Karena manusia itu hanya bisa berusaha dan berdoa, yang menentukan hanya Tuhan. Saya berharap kalian berangkat 500 orang dan kembali juga 500 orang lengkap," katanya.