Hercules Militer Amerika Mendarat, Brigade Anjing Tertua TNI Siaga

VIVA Militer: Brigade Anjing Puspom TNI AU.
Sumber :
  • Satpom Lanud Roesmin Nurjadin

VIVA – Sebuah pesawat angkut jenis Hercule C-130 milik militer Amerika Serikat telah melakukan pendaratan di Apron Baseops Pangkalan TNI Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Berdasarkan siaran resmi Satuan Polisi Militer (Satpom Lanud Roesmin Nurjadin dilansir VIVA Militer, Jumat 12 Agustus 2022, Pesawat Hercules tipe J miliki Angkatan Udara Amerika Serikat alias The United States Air Force (USAF) sudah nongkrong di Lanud sejak Rabu 10 Agustus 2022.

VIVA Militer: Brigade Anjing Puspom TNI AU.

Photo :
  • Satpom Lanud Roesmin Nurjadin
Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Pesawat berbadan besar itu mendarat di pangkalan udara itu untuk penambahan oksigen cair (Liquid Oxygen) yang disuplai dari Pabrik Zat Asam Depohar 70 yang berada di area landasan udara tersebut.

Hercules itu berada di Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Latihan Gabungan bersama Super Garuda Shield 2022 yang digelar TNI bersama pasukan militer dari 13 negara dunia.

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

Selama berada melakukan pendaratan itu, TNI memastikan pesawat dalam kondisi aman, sebab untuk pengamanan Satpom mengerahkan pasukan anjing K-9 dari Brigade Anjing.

VIVA Militer: Brigade Anjing Puspom TNI AU.

Photo :
  • Satpom Lanud Roesmin Nurjadin

Anjing-anjing penjaga milik TNI itu secara berkala melakukan patroli di sekitar area pesawat. Sementara kru militer USAF juga melakukan pengamanan melekat di tubuh pesawat.

Perlu diketahui, Brigade Anjing Puspomau merupakan Brigade Anjing pertama yang ada di Indonesia alias yang paling tertua di Nusantara. Brigade ini mulai diaktifkan sejak 14 Februari 1966. Tujuan pembentukan Brigade Anjing ini ialah untuk melaksanakan pengamanan pesawat-pesawat TNI Angkatan Udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya