Jalankan Instruksi Jokowi, Jenderal Dudung Panen Jagung di Sukabumi

VIVA Militer: Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman panen Jagung di Sukabumi
VIVA Militer: Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman panen Jagung di Sukabumi
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini melakukan panen raya jagung dan meresmikan 100 titik sumber air bersih di Kampung Cibinong, Sukabumi, Jawa Barat.

Jenderal Dudung menegaskan, kegiatan yang dilakukannya itu sebagai bentuk implementasi dari instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk mewujudkan program ketahanan pangan yang dilakukan oleh jajaran TNI Angkatan Darat dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif, serta menjamin ketersediaan air bersih untuk masyarakat sebagaimana program TNI AD Manunggal Air.

"Secara nasional, TNI AD menargetkan sekitar 7.675,61 Ha lahan Ketahanan Pangan di seluruh jajaran Kotama TNI AD untuk ditanami berbagai komoditas pangan," kata Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 12 Agustus 2022.

Kasad menambahkan, panen Jagung kali ini, dari total luas lahan 1.140 hektar (Ha)  di Ciemas sudah terbuka 380 Ha dan sudah tertanam jagung seluas 173.3 Ha. 

"Dan ini akan terus berlanjut. Hasil panen jagung perdana saat ini diperkirakan mencapai sekitar 322 ton jagung," ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Dudung, 100 titik sumber air di seluruh Indonesia yang hari ini secara bersamaan diresmikan dapat dimanfaatkan oleh 109.991 kepala keluarga atau 389.538 jiwa untuk memenuhi kebutuhan air bersih. 

VIVA Militer: Kasad Jenderal TNI Dudung resmikan Pompa Air

VIVA Militer: Kasad Jenderal TNI Dudung resmikan Pompa Air

Photo :
  • Dispenau

Mantan Pangkostrad itu pun menegaskan, sampai dengan saat ini TNI AD sudah banyak membangun titik-titik pompa air di seluruh wilayah Indonesia. Dia berharap program Manunggal Air yang dicanangkan oleh TNI Angkatan Darat hingga ke seluruh pelosok Indonesia itu dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat serta pertanian di wilayah susah air.

"Hingga saat ini titik sumber air bersih yang sudah dibangun TNI AD mencapai 640 titik yang terdiri dari 304 Pompa Hidram, 263 sumur bor dan 73 titik gravitasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kasad Jenderal TNI Dudung juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Cibinong Sukabumi dan seluruh lapisan masyarakat di manapun berada termasuk pihak PTPN VIII yang telah ikut mendukung dalam menyukseskan program pemerintah dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan secara kerja sama dengan TNI Angkatan Darat tersebut.