14 Bulan di Papua, Pasukan Kalajengking TNI Disambut Mayjen Syafrial

VIVA Militer: Satgas Mekanis Organik Papua Yonif MR 412/BES kembali ke Home Base
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Sebanyak 450 personel Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 412/Bharata Eka Sakti Kostrad TNI Angkatan Darat yang telah bertugas di wilayah Papua sejak tahun 2021 lalu akhirnya kembali ke Tanah Jawa.

Naluri Kapten Windra, Paspampres TNI Bertubuh Besar Penyergap Pria Cepak Penerobos Ring I Presiden

Ratusan prajurit pemukul Kostrad dibawah Komandan Yonif MR 412/BES Letkol Inf Moch. Renaldy Herbowo itu tiba di Dermaga Nusantara Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah dengan menggunakan Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Teluk Palu-523 dan disambut langsung oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Syafrial.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Penkostrad, Senin, 15 Agustus 2022, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial secara langsung memimpin Upacara Purna Tugas Satgas Satuan Organik Yonif MR 412 di Dermaga Nusantara, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Raja Aibon Kerahkan Pasukan Maung 619 Siliwangi TNI Gerak Bantu Petani Hadapi Ancaman Krisis Pangan

Untuk diketahui, prajurit pemukul Kostrad yang memiliki logo satuan Kalajengking itu berangkat ke medan tugas sejak tahun 2021 silam. Mereka berhasil menjalankan tugas selama kurang lebih empat belas bulan di wilayah Provinsi Papua, khususnya di daerah Lanny Jaya.

Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh personel Bharata Eka Sakti selama pelaksanaan penugasan di Provinsi Papua. Hal tersebut terlihat Satgas Yonif MR 412/BES telah mampu dan berhasil menjaga kondusifitas wilayah Lanny Jaya Kompleks dan turut berperan serta dalam memajukan perekonomian, pendidikan dan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat setempat.

BI Sediakan Rp13 Miliar Kas Keliling di 5 Pulau Terluar Papua

VIVA Militer: Pangdivif 2 Kostrad periksa kelengkapan Satgas Yonif MR 412/BES

Photo :
  • Penkostrad

Dalam kesempatan itu, Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial mengucapkan terima kasih dan rasa bangga yang sangat besar kepada seluruh prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad karena sudah melaksanakan tugas yang diamanahkan negara dengan baik dan bisa membuahkan keberhasilan yang luar biasa.

"Berbagai prestasi sudah di raih, tapi prestasi yang paling berharga adalah kalian tidak mengalami kerugian, baik personel maupun materiil selama di daerah operasi, sehingga personel Satgas sejumlah 450 orang dapat kembali ke home base dalam keadaan lengkap dan aman," kata Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial. 

Meski telah berhasil dalam menjalankan tugas di medan operasi, Mayjen TNI Syafrial mengingatkan kepada seluruh personel Yonif MR 412 Kostrad agar tidak mudah berpuas diri. 

Jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat yang dibesarkan di Kostrad itu meminta kepada seluruh pasukan untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh selama apa yang telah dilakukan di medan operasi selama ini.

"Lakukan evaluasi secara menyeluruh, cermat dan obyektif. Inventarisir berbagai hambatan dan kendala yang ditemukan selama pelaksanaan tugas operasi, jadikan hal tersebut sebagai gambaran, masukan, serta acuan untuk pelaksanaan tugas-tugas di masa yang akan datang," ujarnya.

Upacara purna tugas tersebut turut dihadiri oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, serta para unsur Forkopimda Kota Semarang, Forkopimda Purworejo, LO TNI AL Kodam IV/Diponegoro, Danlanal Semarang, para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, Ketua Persit KCK Koorcab Divif 2 PG Kostrad beserta Pengurus, para Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad, serta Komandan KRI Teluk Palu 523.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya