Aksi Heroik Prajurit Lantamal III Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut

VIVA Militer: Prajurit Lantamal III TNI AL Kibarkan Merah Putih di bawah laut
VIVA Militer: Prajurit Lantamal III TNI AL Kibarkan Merah Putih di bawah laut
Sumber :
  • Dispen Lantamal III

VIVA – Dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, jajaran prajurit Pangkalan Utama Militer Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta menggelar upacara bendera di dasar laut Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Komandan Lantamal III Jakarta, Brigjen TNI Marinir Umar Farouq mengatakan, upacara bendera peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar oleh prajurit Lantamal III Jakarta di dasar laut Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu ini dilakukan sebagai rangkaian dari upacara pengibaran Sang Merah Putih di dasar laut di 77 titik dari Sabang sampai Merauke yang digagas oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

"Spot kita ini adalah titik 57 dari 77 spot lokasi di seluruh Indonesia yang juga melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut secara serentak di seluruh Indonesia," kata Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu, 17 Agustus 2022.

VIVA Militer: Danlantamal III menyerahkan Bendera Merah Putih di Pulau Pramuka

VIVA Militer: Danlantamal III menyerahkan Bendera Merah Putih di Pulau Pramuka

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Lebih jauh Danlantamal menjelaskan, upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar di bawah laut hari ini dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu yang dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

"Dan tadi kita saksikan bersama, Alhamdulillah upacara bendera Merah Putih di dasar laut yang diselenggarakan di 77 spot dari Sabang sampai Merauke ini berhasil tercatat dalam rekor MURI," ujarnya.

Untuk upacara di Pulau Pramuka sendiri, lanjut Jenderal Bintang Satu Marinir TNI Angkatan Laut itu, jumlah personel yang terlibat sebanyak 27 orang, yang terdiri dari  6 prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III, 8 orang dari komunitas selam Amazing Scuba Club, 5 orang dari Corona Diving Club (CDC), serta 8 orang FB Possi.

"6 prajurit Yonmarhanlan yang secara khusus bertugas sebagai petugas upacara, satu orang pembawa bendera, satu orang yaitu Danyonmarhanlan III Mayor Marinir A. Surya Laga bertugas sebagai Inspektur Upacara, dan ada yang bertugas pengerek bendera, serta yang lainnya sebagai pendukung," kata Danlantamal.

"Upacara bendera di dasar laut ini kita lakukan sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan darah dan nyawa mereka untuk memerdekakan bangsa Indonesia ini," tambah Danlatamal III Jakarta yang disambut yel-yel Merdeka seluruh prajurit Lantamal III Jakarta.