Pesawat Tempur F-16 TNI AU Jatuhkan Roket FFAR di Lampung

VIVA Militer: Jet Tempur F-16 jatuhkan roket di Lampung saat Latihan Jalak Sakti
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Pesawat tempur F-16 Flight Falcon milik TNI Angkatan Udara kembali menunjukkan taringnya. Kali ini, sejumlah jet tempur andalan TNI Angkatan Udara itu beraksi dalam Latihan Jalak Sakti Koopsud I, Hardha Marutha I dan Gwa Wijaya TA. 2022 di Air Weapon Range Astra Ksetra, Menggala, Tulang Bawang dan Baseops Lanud Pangeran M. Bun Yamin (BNY), Lampung.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dalam latihan tempur yang disaksikan secara langsung Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan sejumlah pejabat utama TNI Angkatan Udara lainnya itu, para elang langit itu diskenariokan melakukan serangan udara dan darat untuk menghancurkan musuh yang telah masuk ke wilayah pertahanan Indonesia.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau), Kamis, 1 September 2022, dalam latihan tempur Jalak Sakti 2022 itu, para prajurit tempur TNI Angkatan Udara telah berhasil melakukan serangkaian operasi.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Salah satunya adalah Operasi Udara Lawan Darat termasuk dalam bentuk operasi tempur, bertujuan untuk menyerang dan menghancurkan sasaran-sasaran manuver musuh yang berada di mandala operasi guna menetralisir kemampuan dan membatalkan niat musuh untuk berperang.

Dalam sesi latihan itu, Rydder Flight dengan Pesawat F-16 CD Block 52 ID yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pertempuran udara lawan udara (Air to Air) maupun pertempuran udara lawan darat (Air to Ground) dikerahkan. 

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Pesawat tempur TNI yang mampu terbang sampai dengan kecepatan 2 Mach atau 2x kecepatan suara dan memiliki radius of action sampai dengan 500 Nautical miles (Nm) itu mengudara membawa Roket FFAR 2.75 dan menembakkan roket tersebut ke target di daratan. 

Untuk diketahui, roket tersebut merupakan roket berfragmentasi dengan radius ledakan 10 meter dan 50 meter radius mematikan, serta memiliki jarak penembakan maksimum 8 Km.

VIVA Militer: 3 pesawat tempur F-16 TNI AU mengudara halau serangan musuh

Photo :
  • Dispenau

Rydder Flight F-16 masuk ke pertahanan musuh dengan dipandu oleh team G-FAC atau Ground Forward Air Control yang berhasil menyusup dan menerobos wilayah pertahanan musuh lebih dulu, sehingga mampu memberikan koordinat target musuh di daerah operasi yang merupakan kekuatan darat musuh yang tersisa.

Selain itu, pasukan penjaga langit nusantara itu juga melaksanakan Operasi Udara Lawan Udara (OULU) Offensive dalam rangka merebut keunggulan udara dapat diwujudkan di wilayah udara mandala operasi, yang dilanjutkan dengan Operasi Udara Serangan Strategis (OUSS) dengan menggunakan 2 pesawat F-16 Fighting Falcon dengan callsign Ryderr Flight untuk menghancurkan tempat strategis musuh.

Untuk diketahui, OUSS merupakan operasi tempur yang bertujuan untuk menyerang dan menghancurkan sasaran-sasaran bernilai strategis yang merupakan center of gravity guna menetralisir kemampuan dan membatalkan niat musuh untuk berperang.

Setelah serangan udara sukses dilakukan, para prajurit TNI Angkatan Udara pun kembali melanjutkan operasi di daratan dengan melakukan Operasi Udara Khusus Pembebasan Tawanan, Penyelamatan, Pengawalan, dan Evakuasi Korban Pertempuran.

Aksi para penerbang TNI Angkatan Udara itu pun mendapatkan apresiasi dari Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang menyaksikan langsung di lapangan. 

Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara turut hadir menyaksikan Gladi Lapangan Jalak Sakti 2022 tersebut, diantaranya, Pangkopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono, Danlanud Pangeran M. Bun Yamin, Letkol Nav Yohanas Ridwan, serta sejumlah pejabat utama Mabesau lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya