TNI AU Selidiki Asal Granat dan Amunisi Milik Purnawirawan di Bekasi

Penemuan granat dan amunisi senjata api di Bekasi.
Sumber :
  • VIVA/ Dani.

VIVA – TNI Angkatan Udara mendalami informasi penemuan granat asap dan amunisi peluru di sebuah rumah di Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi Jawa Barat, Senin, 26 September 2022 lalu.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan penelusuran asal muasal granat asap dan sejumlah amunisi peluru yang ditemukan di salah satu rumah Purnawirawan TNI Angkatan Udara, Harun Al Rasyid yang terletak di bilangan Bekasi, Jawa Barat tersebut.

"Terkait penemuan granat asap dan peluru di rumah tersebut,  saat ini sedang dilakukan penyelidikan asal usulnya oleh TNI AU," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resminya, Rabu, 28 September 2022.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Lebih jauh Indan menjelaskan, rumah tempat ditemukannya granat asap dan peluru tersebut merupakan milik warga dan pernah dikontrak oleh Purnawirawan TNI Angkatan Udara atas nama Harun Al Rasyid berpangkat perwira menengah. 

Menurut Indan, Harun Al Rasyid terakhir berdinas di Mabes TNI Angkatan Udara pada tahun 2000 memasuki masa purnawirawan dan sudah meninggal dunia pada tahun 2021 lalu.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

"Rumah tersebut pernah dikontrak oleh purnawirawan TNI AU yang ditempati pembantunya. Di rumah tersebut, yang bersangkutan juga menyimpan barang-barang yang dilakukan sejak tahun 2009 lalu," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, warga Jatibening, Bekasi dikejutkan dengan temuan granat asap dan sejumlah amunisi atau peluru di sebuah rumah kontrakan di Jalan Kemang Sari Ii RT 02 RW 11, Jatibening, Pondok Gede Kota Bekasi pada hari Senin, 26 September 2022 lalu.

Temuan granat asap dan sejumlah amunisi itu terjadi ketika pemilik kontarakan yaitu, Umroh (60 tahun) sedang melakukan bersih-bersih rumah kontrakan miliknya tersebut. Atas temuan tersebut, Umroh pun segera melaporkan benda berbahaya itu ke pihak kepolisian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya