Kendaraan Tempur TNI 'Dikepung' Warga di Ambon

VIVA Militer: Masyarakat Ambon naik Kendaraan Tempur TNI
Sumber :
  • Pendam XVI/Pattimura

VIVA – Kodam XVI/ Pattimura bersama Lantamal IX/Ambon, Lanud Pattimura dan sejumlah stakeholder terkait menggelar pameran Alutsista dan UMKM di Lapangan Merdeka, Ambon. Pameran Alutsista TNI yang digelar sejak tanggal 1 Oktober 2022 itu dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-77 TNI yang puncaknya akan diperingati pada 5 Oktober mendatang.

Mengenal Sagil, Siswa SD dengan Tinggi 2 Meter dari Kerinci Jambi

Sejumlah kendaraan tempur (Ranpur) TNI dari tiga matra sengaja dikerahkan ke pusat Kota Ambon agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat sejumlah alutsista TNI yang selama ini memperkuat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Tidak hanya itu, sejumlah peralatan tempur, mulai dari senjata, amunisi, serta seragam atau pakaian tempur TNI dari tiga matra pun sengaja dipertontonkan kepada masyarakat di Lapangan Merdeka, Ambon.

28 Perwira TNI AU Terima Brevet Kehormatan Setia Waspada Paspampres, Siapa Saja Mereka?

Antusias masyarakat sangat tinggi sekali untuk melihat pameran alutsista TNI dari matra darat, laut dan udara tersebut, karena event ini baru diselenggarakan setelah dua tahun sebelumnya Indonesia dilanda Pandemi COVID-19. Tidak sedikit dari mereka yang menaiki dan mengabadikan moment langka naik Ranpur TNI tersebut.

Komandan Lantaman IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina ketika membuka Pameran Alutsista TNI menyampaikan, bahwa pameran alutsista ini diselenggarakan sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban TNI kepada rakyat Indonesia selaku pembayar pajak.

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

"Negara telah menganggarkan untuk kepentingan pembangunan TNI termasuk dalam mempersenjatai TNI dengan alutsista yang modern dan sesuai dengan kebutuhan," kata Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Lantamal IX/Ambon, Selasa, 4 Oktober 2022.

VIVA Militer: Pangdam Pattimura dan Danlantamal IX tinjau pameran Alutsista TNI

Photo :
  • Dispen Lantamal IX/Ambon

Oleh karena itu, lanjut Danlantamal Ambon, dalam pameran Alutsista TNI yang mengangkat tema "TNI Adalah Kita" kali ini, masyarakat tidak hanya dipersilahkan melihat dan menyaksikan pameran alutsista TNI semata, tapi masyarakat juga dipersilahkan untuk berinteraksi dan berdialog secara langsung untuk mengenal lebih jauh tentang alutsista kepada seluruhj prajurit TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara yang berada di Lapangan Merdeka, Ambon.

"Selaras dengan tema HUT Ke-77 TNI Tahun 2022, yaitu TNI Adalah Kita, maka kami berharap momen pameran alutsista ini dapat menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat kepada TNI," ujarnya.

Sejumlah pimpinan serta pejabat utama TNI dari tiga matra turut hadir dalam pameran alutsista tersebut, diantaranya adalah Panglima Kodam Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, dan Komadan Lanud Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya