KSAU: Pasukan Elite Kopasgat Jadikan TNI Angkatan Udara Disegani di Kawasan

VIVA Militer: Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan cek kesiapan pasukan Kopasgat
Sumber :
  • Kopasgat TNI AU

VIVA – Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) adalah pasukan elite TNI Angkatan Udara. Pada tanggal 17 Oktober 2022, pasukan khusus TNI Angkatan Udara yang memiliki ciri khas Baret Jingga ini memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 tahun.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Dalam moment tersebut, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo secara khusus menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit Korps Baret Jingga di seluruh pelosok Indonesia.

Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) Marsekal Muda (Marsda) TNI Taspin Hasan pada saat memimpin upacara peringatan HUT Kopasgat ke-75 tahun di Lapangan Jingga Mako Kopasgat, Bandung, menyampaikan, upacara peringatan HUT Kopasgat TNI Angkatan Udara digelar secara serentak di seluruh satuan jajaran Kopasgat seluruh Indonesia dan Satuan Tugas (Satgas) Pasgat yang saat ini tengah menjalankan tugas atau Misi Perdamaian di luar negeri.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan mengatakan, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo secara khusus mengapresiasi dan sangat bangga dengan capaian serta prestasi seluruh prajurit Kopasgat yang telah bertugas dan menjaga nama baik TNI Angkatan Udara.

"Saya mengucapkan selamat memperingati hari jadi yang ke-75 kepada segenap Prajurit Kopasgat. Semoga dengan momentum ini Kopasgat menjadi kuat, profesional, militan dan handal guna mendukung TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan," kata Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan saat membacakan Amanat KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada upacara HUT Kopasgat ke-75 tahun di Bandung, Minggu, 16 Oktober 2022 kemarin.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

KSAU Marsekal TNI Fadjar lebih jauh berharap, pasukan elite Kopasgat kedepan dapat terus menunjukkan prestasinya baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan demikian, lanjut Kasau, Kopasgat TNI Angkatan Udara akan terus mendapatkan posisi yang sejajar dengan pasukan elite lainnya di dunia.

"Agar Korps Baret jingga, dapat tumbuh semakin profesional dan dapat menempatkan dirinya pada posisi sejajar dengan pasukan elite lainnya di dunia," ujarnya. 

VIVA Militer: Dankopasgat ketika memimpin Upacara Peringatan HUT Kopasgat ke-75

Photo :
  • Kopasgat TNI AU

Tidak hanya itu, KSAU Marsekal TNI Fadjar juga menyampaikan, untuk mendukung tugas prajurit Kopasgat TNI Angkatan Udara, dirinya telah berkomitmen dalam melakukan modernisasi alutsista untuk tugas operasi pasukan elite TNI Angkatan Udara tersebut. 

"Beberapa modernisasi alutsista telah kita bangun, mulai dari UAV, Rantis dan AC canggih, Ground Radar Surveillance, Smart Hunter, hingga penambahan PSU Sky Shield untuk memperkuat Kopasgat," kata Kasau Fadjar Prasetyo.

Tidak hanya itu, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga menyampaikan tentang keterlibatan pasukan Kopasgat TNI Angkatan Udara dalam kegiatan latihan militer baik yang digelar di masing-masing satuan, maupun tingkat internasional. 

Menurut Kasau, latihan-latihan tersebut telah membuktikan bahwa prajurit Kopasgat TNI Angkatan Udara berkomitmen dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki baik oleh individu prajurit, maupun oleh satuan atau jajaran. 

"Melalui Latihan Super Garuda Shield 2022, adalah salah satu upaya untuk meningkatkan dan menguji kemampuan tempur melalui latihan Multilateral selanjutnya, dalam bidang olahraga, prajurit beserta Wara Kopasgat juga berhasil menjadi juara dan mampu berprestasi dalam berbagai perlombaan mulai dari Kejuaraan Menembak Kasau Cup, Kejurnas Indoor Skydiving Pusdiklatpassus Batu Jajar, hingga Kejuaraan World Freefall di Ceko, serta yang terbaru, yaitu Raihan Juara Umum Dieng Orientaring Race 2022 dan Juara Umum II Kejuaraan Taekwondo Kadisjas TNI AD pada September Lalu," kata Marsekal Fadjar.

"Akhirnya, sekali lagi saya mengucapkan selamat memperingati hari jadi yang ke-75 kepada segenap prajurit Kopasgat. Semoga dengan momentum ini Kopasgat menjadi Kuat, Profesional, Militan dan Handal guna mendukung TNI Angkatan Udara yang disegani di Kawasan. Terima kasih atas Dedikasi dan Integritas yang telah kalian berikan kepada tanah air tercinta," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya