Bertemu Commander Forces Command-Australian Army, Letjen TNI Maruli Beberkan Kebesaran Kostrad

VIVA Militer: Pangkostrad menerima kunjungan Major General Matthew Pearse
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak hari ini melakukan pertemuan kehormatan atau Courtesy Call dengan Commander Forces Command-Australian Army Major General Matthew Pearse di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Dalam kesempatan tersebut, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi Commander Forces Command - Australian Army serta rombongan.

Pangkostrad juga menjelaskan kepada Major General Matthew Pearse bahwa Kostrad memiliki tiga Divisi Infanteri, Divisi Infanteri 1 berada di Cilodong, Divisi Infanteri 2 berada di Singosari Malang dan Divisi Infanteri 3 berada di Pakatto.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Lebih jauh Letjen TNI Maruli memaparkan, bahwa prajurit Kostrad TNI Angkatan Darat tidak hanya bertugas menjalankan operasi militer perang, tapi juga secara intens membantu masyarakat dalam menjalankan tugas operasi militer selain perang (OMSP).

“Kostrad tidak hanya melakukan tugas pokok saja dalam tugas operasi militer perang, kita juga berpartisipasi dalam tugas OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Seperti halnya saat ini kita ikut berperan serta dalam upaya membantu program pemerintah dalam mengatasi krisis air bersih, hal ini sejalan dengan program dari TNI Angkatan Darat yaitu TNI Manunggal Air,” kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dalam keterangan yang diterima VIVA Militer, Kamis, 20 Oktober 2022.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Pangkostrad menambahkan, prajurit Kostrad banyak membantu masyarakat di Homebase maupun daerah operasi mendapatkan akses air bersih dengan membuat pompa-pompa hidrolik yang menggunakan metode dengan menyalurkan air bersih yaitu melalui memanfaatkan air gravitasi tanpa menggunakan listrik maupun dengan memanfaatkan teknologi sumur bor.

“Pelaksanaan tugas seperti di wilayah papua, selain dengan operasi tempur maka satuan kostrad dalam upaya mencapai keberhasilan tugas tersebut juga dilaksanakan dengan pendekatan kesejahteraan, pendekatan ekonomi, pendekatan agama maupun pendekatan sosial budaya dalam rangka untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat,” tambah Pangkostrad.

VIVA Militer: Commander Forces Command-Australian Army tiba di Makostrad

Photo :
  • Penkostrad

Pangkostrad juga menjelaskan kerjasama pertahanan bilateral yang terjalin antara Indonesia dan Australia selama ini telah terjalin dengan sangat baik. Hal ini membuktikan hubungan antara kedua negara yang semakin kuat. 

Seperti halnya yang saat ini sedang dilaksanakan Latma Wirrajaya AUSINDO di Puslatpur Kodiklatad Baturaja pada Tanggal 10 sampai dengan 23 Oktober 2022 yang melibatkan 181 orang prajurit Kostrad dan 96 orang AD Australia.

“Saya berharap kerjasama antara TNI AD khususnya Kostrad dengan AD Australia akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan profesionalisme para prajurit kedua angkatan darat,” ujarnya.

Sementara itu, Commander Forces Command - Australian Army Major General Matthew Pearse mengungkapkan, jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.

Sejumlah pejabat utama Kostrad turut hadir menyambut kedatangan Commander Forces Command - Australian Army Major General Matthew Pearse, diantaranya Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Irkostrad Mayor Jenderal TNI Dian Sundiana, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, Waasintel Kasad Bid. Inteltek dan Hublu Brigjen TNI Budi Hariswanto, Delegasi Australia Col. Daley (Athan Australia), serta Pabandya VI/Hublu Sintel TNI AD Kol. Inf Agus Bhakti dan Capt. Smith. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya