Jenderal Luhut Turun Gunung Temui Perwira TNI yang Bertugas Amankan KTT G20 Bali

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan di Posko PAM VVIP G20
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Komandan pertama Detasemen 81 atau Satgultor-81 Kopassus yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menkomarves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan turun gunung mendatangi Posko Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP Presidensi G20 Tahun 2022 di kantor Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Bali, Minggu, 6 November 2022 kemarin. 

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kedatangan jenderal TNI yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah (Kopassus) TNI Angkatan Darat itu disambut oleh Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kas Kogabwilhan) II, Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani yang dipercaya sebagai Pangkogabpadpam VVIP G20.

Dalam kesempatan itu, Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, menjelaskan mekanisme pengamanan para Kepala Negara dan delegasi Presidensi G20, dari mulai kedatangan di Pulau Bali sampai dengan kembali ke negaranya masing-masing. 

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Menurut Pangkogabpadpam VVIP G20, semuanya sudah terkoordinasi dengan baik antara TNI, Polri dan pihak-pihak lain yang tergabung dalam pelaksanaan Presidensi G20 tahun 2022 di Bali.

Jenderal Luhut pun mengapresiasi persiapan yang dilakukan oleh para prajurit TNI-Polri yang telah bersiaga menyambut kedatangan para tamu negara dalam forum internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Luhut pun menekankan kepada seluruh Perwira TNI bahwa kunci suksesnya pengamanan forum internasional itu adalah soliditas antara TNI dan Polri. 

"Bagus jadi semuanya terintegrasi ya. Pokoknya ingat ya para Perwira kalau kita terintegrasi, tidak ada yang bisa melawan kita. Itu kuncinya," kata Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dalam keterangan resmi Puspen TNI yang diterima VIVA Militer, Senin, 7 November 2022.

Menko Marves juga menyampaikan pengalamannya saat menangani pandemi COVID-19 beberapa waktu yang lalu. "Begitu kita kerja terintegrasi pasti kita ada jalan keluarnya, saling bantu dan saling back up, ini bagus sekali," ujarnya.

Lebih lanjut Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan kepada seluruh Dansatgas Kogabpadpam VVIP Presidensi G20 untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Jadi nanti tolong kalian koordinasi, yang penting jangan sampai ada arogansi. Semua harus sharing untuk keselamatan semua," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya