Kembali ke Lembah Tidar, KSAD Dudung Wujudkan Cita-cita Ketika Jabat Gubernur Akmil

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung saat tinjau Museum Taruna Abdul Djalil
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini kembali mendatangi Akademi Militer di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Satgas Pamtas Bradjamusti Kostrad Kembali ke Barak, Pangdam XII/Tjp: Mereka Pulang Dengan Kehormatan

Kedatangan orang nomor satu di Matra Angkatan Darat itu ke Lembah Tidar dilakukan secara khusus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 65 Akademi Militer (Akmil) yang tepat jatuh pada hari ini, 11 November 2022.

Pada moment ini, Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga memberikan kado istimewa untuk Akademi Militer (Akmil), yaitu meresmikan Modernisasi Museum Taruna Abdul Djalil Akmil di Magelang.

Kapal Legendaris TNI AL, KRI Dewaruci Berlayar Telusuri Jalur Rempah Nusantara

Terwujudnya modernisasi Museum Abdul Djalil Akmil melalui perubahan sistem manajemen pengelolaan museum dari sistem manual ke sistem digital yang memadukan perspektif konservasi dan preservasi dengan aspek edukasi ini, merupakan ide dan gagasan yang luar biasa dari Jenderal Dudung ketika masih menjabat sebagai Gubernur Akmil.

“Ini merupakan salah satu cita-cita dan keinginan saya saat menjabat sebagai Gubernur Akmil,” kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 11 November 2022. 

Israel Terus Lakukan Serangan ke Gaza 24 Jam, Korban Tewas Telah Mencapai 36.379 Orang

Dalam kesempatan itu, KSAD Dudung berharap modernisasi sistem manajemen pengelolaan museum ini dapat mengangkat citra yang ingin ditampilkan dari keberadaan Museum Taruna Abdul Djalil Akmil.

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Akmil Magelang

Photo :
  • Dispenad

Jenderal Dudung mengaku, sejak dulu memiliki cita-cita yaitu menjadikan Museum Taruna Abdul Djalil tidak hanya sebagai tempat yang menyuguhkan beragam sejarah Akademi Militer TNI Angkatan Darat saja, tapi juga menjadi tempat yang menyenangkan, nyaman, bersih serta menjadi tempat informasi tentang koleksi yang dipamerkan sehingga dapat memberikan wawasan kepada pengunjung serta menjadi wahana pembelajaran kecintaan terhadap bangsa dan menunjang operasional pendidikan di Akmil sebagai Center of Excelent. 

"Semoga ini menjadi wujud penghargaan dan penghormatan terbaik kita untuk pengabdian dan perjuangan para pendahulu, serta kepada almamater tercinta," ujarnya. 

Usai peresmian yang ditandai dengan penekanan tombol dan penandatangan prasasti oleh Kasad serta penguntingan pita oleh Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman, Jenderal Dudung bersama Gubernur Akmil, Kadisjarahad, Kadisinfolahtad serta rombongan lainnya meninjau fasilitas dan menyaksikan simulasi sistem manajemen pengelolaan Museum Taruna Abdul Djalil Akmil.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Dudung juga melakukan penandatanganan prasasti peresmian hasil renovasi empat sarana prasarana yang dimiliki Akmil lainnya, yaitu Lintasan Atletik Sintetis Sapta Marga, Paviliun Taruna, Flat Taruna dan Gereja Santo Mikael Pancaarga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya