Jenderal Prabowo Sambut Kedatangan Menhan AS di Lloyd James Austin di Jakarta

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo S. sambut kedatangan Menhan AS Lloyd J. Austin
Sumber :
  • Tim Media Prabowo Subianto

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto hari ini kedatangan tamu istimewa, yaitu Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd James Austin III di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Kedatangan Austin ke Indonesia itu disambut dengan upacara penghormatan militer. Sebelum menggelar pertemuan bilateral, Menhan RI Prabowo bersama Lloyd Austin sempat melakukan pemeriksaan pasukan, yang kemudian dilanjutkan dengan penghormatan terhadap Patung Bung Karno Berkuda yang ada di halaman Gedung Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Untuk diketahui, kedatangan Austin ke Jakarta kali ini merupakan kunjungan balasan terhadap Menhan RI Prabowo Subianto, setelah keduanya bertemu di Pentagon, Virginia pada tanggal 21 Oktober 2022 lalu.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Berdasarkan keterangan resmi Departemen Pertahana AS yang dilansir VIVA Militer, Senin, 21 November 2022, sebelum menggelar lawatan ke Indonesia hari ini, Lloyd J. Austin III sebelumnya melakukan perjalanan ke Nova Scotia, Kanada.

Di sana, Menhan Austin sempat menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax (Halifax International Security Forum) 2022 dengan mengetengahkan pokok-pokok upaya Departemen Pertahanan dalam membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama para Sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa. 

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Selain itu, Menhan Austin juga melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand untuk membahas hubungan pertahanan yang erat antara AS dan Kanada serta pentingnya investasi strategis dalam kapabilitas pertahanan.

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo S. sambut kedatangan Menhan AS Lloyd J. Austin

Photo :
  • Tim Media Prabowo Subianto

Sementara dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini, Menhan Austin direncanakan akan melakukan bertemu dengan para pemimpin senior pemerintahan dan militer untuk membahas sejumlah isu strategis dan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. 

"Saat Amerika Serikat dan Indonesia bekerja untuk memetakan arah jalan yang ambisius dalam kemitraan pertahanan. Kunjungan Menhan Austin akan mendorong kemajuan prakarsa bilateral yang utama guna mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, serta profesionalisasi dan modernisasi Tentara Nasional Indonesia," tulis keterangan resmi Departemen Pertahanan AS.

Setelah dari Indonesia, Menhan Austin dijadwalkan akan melanjutkan lawatannya ke Kamboja

Di Kamboja, Menhan Austin akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Pertahanan  ASEAN (ADMM)-Plus ke-9, bersama sepuluh negara anggota ASEAN dan delapan mitra dialog. Partisipasi tatap muka pertama Menhan Austin di forum tersebut, yang sebelumnya dilakukan secara virtual pada saat pandemi COVID-19, melanjutkan tradisi kehadiran Menteri Pertahanan AS di ADMM-Plus.

Tidak hanya itu, di sela-sela forum ADMM-Plus, Menhan Austin akan mengadakan kegiatan multilateral informal dengan rekan sejawat dari ASEAN dan bertemu dengan para rekan sejawatnya dari Kamboja dan berbagai negara mitra. 

"Keperansertaaan kali ini akan menggarisbawahi langkah penting yang diambil Dephan bersama para Sekutu dan mitra untuk menghadirkan stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih di kawasan Indo-Pasifik," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya