Kekuatan TNI Kian Meluas, Jenderal Dudung Dirikan 7 Kodim Baru

VIVA Militer: Jenderal TNI DAR
VIVA Militer: Jenderal TNI DAR
Sumber :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

VIVA – Kekuatan TNI Angkatan Darat dipastikan semakin meluas setelah KSAD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman membentuk satuan Komando Distrik Militer baru.

Berdasarkan siaran resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat dilansir VIVA Militer, Rabu 23 November 2022, ada sebanyak 7 satuan Kodim baru yang dibentuk dan didirikan di tujuh wilayah berbeda.

Pembentukan 7 Kodim baru itu telah diresmikan dalam acara Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Komando Pengendali Satuan di jajaran TNI AD yang telah dilangsungkan di Mabesad Jakarta yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto.

"Penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat," kata Letjen TNI Agus Subiyanto.

VIVA Militer: Upacara pembentukan 7 kodim di Mabesad

VIVA Militer: Upacara pembentukan 7 kodim di Mabesad

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

Tujuh Kodim yang baru dibentuk itu antara lain: Kodim 0625/Pangandaran di wilayah Kodam Siliwangi; Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Kabupaten Boalemo di wilayah Kodam XIII/Merdeka; Kodim 1430/Konawe di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin; Kodim 1513/Seram Bagian Barat dan Kodim 1514/Morotai di wilayah Kodam XVI/Pattimura; dan Kodim 1812/Pegunungan Arfak di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Selain tujuh Kodim, TNI Angkatan Darat juga meresmikan Resimen Artileri Pertahanan 2/Sisingmangaraja yang berada  di bawah kendali Kodam I Bukit Barisan.