Kekuatan TNI Kian Meluas, Jenderal Dudung Dirikan 7 Kodim Baru

VIVA Militer: Jenderal TNI DAR
Sumber :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

VIVA – Kekuatan TNI Angkatan Darat dipastikan semakin meluas setelah KSAD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman membentuk satuan Komando Distrik Militer baru.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Berdasarkan siaran resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat dilansir VIVA Militer, Rabu 23 November 2022, ada sebanyak 7 satuan Kodim baru yang dibentuk dan didirikan di tujuh wilayah berbeda.

Pembentukan 7 Kodim baru itu telah diresmikan dalam acara Peresmian Satuan Baru, Pembekuan dan Alih Komando Pengendali Satuan di jajaran TNI AD yang telah dilangsungkan di Mabesad Jakarta yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

"Penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat," kata Letjen TNI Agus Subiyanto.

VIVA Militer: Upacara pembentukan 7 kodim di Mabesad

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat
5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Tujuh Kodim yang baru dibentuk itu antara lain: Kodim 0625/Pangandaran di wilayah Kodam Siliwangi; Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Kabupaten Boalemo di wilayah Kodam XIII/Merdeka; Kodim 1430/Konawe di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin; Kodim 1513/Seram Bagian Barat dan Kodim 1514/Morotai di wilayah Kodam XVI/Pattimura; dan Kodim 1812/Pegunungan Arfak di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Selain tujuh Kodim, TNI Angkatan Darat juga meresmikan Resimen Artileri Pertahanan 2/Sisingmangaraja yang berada  di bawah kendali Kodam I Bukit Barisan.

VIVA Militer: Upacara alih komando pengendali Yonif 320/Badak Putih

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

"Kemudian dilaksanakan juga alih kodal dari Kodam III/Siliwangike Kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad," kata Letjen TNI Agus.

TNI Angkatan Darat juga membekukan Batalyon Mandala Yudha, untuk diubah menjadi Brigade Infanteri Mekanis 14/Mandala Yudha yang akan jadi bagian Divisi Infanteri I Kostrad. Untuk melengkapi Brigif 14/Mandala Yudha, TNI mendirikan Batalyon Infanteri 318/Adhirajasa yang akan berkedudukan di Ciuyah, Kabupaten Lebak, Banten.

Baca: Ribuan Rumah Hancur Diguncang Gempa Cianjur, Ini Perintah Darurat Komandan Jenderal Kopassus TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya