Cara Jitu Prajurit TNI AL Hibur Anak-anak Korban Gempa Cianjur

VIVA Militer: Danpasmar 1 Brigjen Marinir Hermanto hibur anak-anak korban gempa
VIVA Militer: Danpasmar 1 Brigjen Marinir Hermanto hibur anak-anak korban gempa
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – TNI Angkatan Laut telah memberangkatkan Tim Psikologi dari Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) untuk melakukan trauma healing kepada para korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, Senin, 21 November 2022 lalu.

Keberangkatan Satuan Setingkat Regu (SSR) trauma healing dibawah Pimpinan Letkol Laut (KH) Joko Parjianto dilakukan atas perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang sebelumnya telah menerjunkan Satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) ke daerah terdampak gempa bumi Cianjur sejak hari pertama bencana terjadi.

Tidak tanggung-tanggung, Tim Trauma Healing tersebut diberangkatkan oleh Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut (Kadispsial) Laksma TNI Edi Krisna Murti dari Juanda Sidoarjo, Jawa Timur pada hari Rabu, 23 November kemarin. Mereka langsung bergabung ke lokasi bencana dibawah kendali operasi Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas PRCPB TNI Angkatan Laut.

Untuk diketahui, trauma healing adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, rasa panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu. 

Sehingga, trauma healing ini sangat penting untuk memperkuat psikologis para korban yang kehilangan anggota keluarganya, dan rumahnya hancur atau rusak akibat gempa bumi berkekuatan 5.6 Skala Richter yang menggoncang wilayah Cianjur beberapa waktu lalu itu.

Hari ini, Satgas Trauma Healing TNI AL melakukan sebuah kegiatan yang sangat luar biasa untuk menghibur para korban terdampak gempa bumi, khususnya anak-anak yang sampai saat ini masih tinggal di tenda-tenda pengungsian yang berada di lapangan terbuka karena khawatir akan terjadi lagi  gempa susulan.

VIVA Militer: Prajurit Marinir lakukan trauma healing ke korban gempa Cianjur

VIVA Militer: Prajurit Marinir lakukan trauma healing ke korban gempa Cianjur

Photo :
  • Dispenal