Jelang Pergantian Panglima TNI, KSAL Yudo Sematkan Brevet Hiu Kencana ke Puan Maharani

VIVA Militer: KSAL Yudo berikan Brevet Hiu Kencana ke Ketua DPR RI Puan Maharani
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono hari ini menyematkan Brevet Hiu Kencana kepada Ketua DPR RI Puan Maharani di atas KRI Alugoro-405 di perairan Teluk Jakarta.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Selain Ketua DPR RI Puan Maharani, sejumlah pejabat lain juga mendapatkan Brevet Kehormatan Hiu Kencana diantaranya adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Anggota I BPK RI, Nyoman Adhi Suryadyana.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pemberian Brevet kepada ketua DPR, Kasad, Kasau, Kapolri dan juga pimpinan BPK merupakan bentuk penghormatan sekaligus penghargaan kepada para pejabat yang berjasa kepada perkembangan organisasi TNI Angkatan Laut.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

TNI AL dalam hal ini Satuan Kapal Selam, dikatakan Yudo ingin memberikan kehormatan kepada enam warga kehormatan tersebut dengan berbagai pertimbangan yang dilakukan. 

"Proses penyematannya tentunya melalui pertimbangan-pertimbangan dari pejabat atau personel yang berjasa membawa kemajuan kapal selam maupun angkatan laut sehingga kita berikan warga kehormatan kapal selam di Kencana," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga 100 JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, 28 November 2022.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Adapun proses penyematan ini, kata Yudo dilakukan di dalam kapal dan harus menyelam di dalam kemudian diberikan yang terhormat ibu Ketua DPR dan sejumlah dua kepala staf dan Kapolri, serta Anggota BPK RI.

VIVA Militer: KSAL Yudo bersama Ketua DPR RI, KSAD, KSAU, Kapolri di kapal selam

Photo :
  • Dispenal

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih atas penyematan Brevet Hiu Kencana yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut. 

Dalam kesempatan tersebut, Puan sempat berkomunikasi dengan para awak KRI Alugoro-405. Puan mengaku sangat takjub dengan kehidupan para awak kapal selam TNI AL yang rela pergi meninggalkan keluarganya dan tinggal di dalam kapal selam yang ruangannya terbatas demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasal. Kami bisa melihat keseharian, melihat bagaimana KRI Alugoro-405 beserta dengan awaknya apa saja yang mereka lakukan di dalam dan bagaimana kemudian peralatan yang ada bahkan di tunjukkan apa yang harus dilakukan jika ada situsi kedaruratan, bahkan ada torpedonya. Jadi KRI ini adalah salah satu KRI yang cukup lengkap untuk menjaga kedaulatan NKRI," kata Puan Maharani.

"Ya ini satu hal yang baru bagi kami semua ini. Ternyata saya juga belum ada juga yang pernah naik kapal selam ternyata sangat nyaman walaupun semboyan di TNI Angkatan Laut yaitu tabah sampai akhir untuk Indonesia ya karena tempatnya terbatas sempit," tambahnya.

Untuk diketahui, sore ini Ketua DPR RI Puan Maharani direncanakan akan menerima Surat Presiden (Surpres) Presiden RI Joko Widodo terkait dengan calon pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari Mensesneg RI Pratikno. 

KSAL Yudo Margono digadang-gadang sebagai calon terkuat pengganti Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di masa mendatang. Pergantian Panglima TNI sendiri rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini, pasalnya Jenderal TNI Andika Perkasa akan memasuki masa purna tugas pada akhir Desember 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya