Tim Sniper Pasukan Elite TNI AU Dikerahkan Kawal Jokowi ke Rumah Adat Dayak di Pontianak

VIVA Militer: Tim Sniper Kopasgat amankan kunjungan kerja Jokowi di Pontianak
Sumber :
  • Pen kopasgat

VIVA – Presiden RI Joko Widodo pagi tadi melaksanakan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Di sana Jokowi menghadiri acara Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) di Rumah Adat Dayak, Pontianak. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Ribuan masyarakat adat Dayak terlihat sangat antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan bahwa keberagaman suku merupakan kekuatan besar bagi Indonesia. 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Kebudayaan Indonesia dengan 714 suku bangsa, termasuk Dayak yang memiliki 406 subsuku di dalamnya, harus kita jaga dan kita rawat dengan baik," kata Presiden RI Joko Widodo dikutip VIVA Militer dari keterangan resminya, Selasa, 29 November 2022.

Jokowi juga mengingatkan bahwa tahun depan, Bangsa Indonesia akan memasuki tahun politik. Dengan demikian, mantan Walikota Solo itu menegaskan bahwa menjaga persatuan antarsuku menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan, khususnya di Bumi Khatulistiwa, Kalimantan Barat.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Dengan begitu perekonomian negara ini bisa tetap bertumbuh dan maju," ujarnya.

"Kepada masyarakat Kalimantan, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dukungannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN)," tambah Jokowi yang disambut riuh gembira masyarakat Dayak yang hadir dalam acara tersebut.

VIVA Militer: Prajurit Kopasgat TNI AU amankan Kunker Jokowi di Pontianak

Photo :
  • Pen kopasgat

Untuk diketahui, dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kalimantan Barat itu pasukan TNI juga turut serta dalam mengamankan kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu.

Ribuan personel TNI dari tiga matra dan Polri siaga penuh selama Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Internasional Supadio, Pontianak, hingga meninggalkan Kalimantan Barat. 

Mereka bersatu dan bersinergi melaksanakan pengamanan dalam Satgas PAM VVIP dibawah komando Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto. Hampir 2.500 personel TNI/Polri dilibatkan dalam pengamanan kedatangan Jokowi selama kurang lebih 3 jam di Pontianak.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Kopasgat TNI Angkatan Udara, sejumlah pasukan elite TNI Angkatan Udara pun turut dilibatkan untuk memastikan keamanan nyawa orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Adapun pasukan yang dikerahkan berasal dari Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 Kopasgat dan Batalyon Komando (Yonko) 465 Kopasgat melaksanakan pengamanan VVIP di Bandara Internasional Supadio.

"Keterlibatan pengamanan kunjungan RI 1 dan rombongan berupa pengerahan personel pengamanan dari Yonko 465 Kopasgat dan Denhanud 473 Kopasgat sebanyak 1 SSK Pasukan Pengamanan, 2 Tim Matan, 1 Tim Pam Tirai dan 1 Tim Sniper," tulis keterangan resmi Kopasgat TNI AU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya