Giliran Letkol Andhika dan Pasukan Hantu Rimba Yudha Sakti TNI Akan Dikirim Operasi ke Papua Barat

VIVA Militer: Pasukan Hantu Rimba Yonif 133/Yudha Sakti TNI.
Sumber :
  • Yonif 133/Yudha Sakti

VIVA – Ternyata tidak cuma Komando Daerah Militer (Kodam) Diponegoro saja yang telah menyiapkan satu batalyon pasukan infanteri untuk melaksanakan operasi di Papua Barat. Tapi Kodam Bukit Barisan juga sama.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Pasukan yang disiapkan Kodam I Bukit Barisan untuk dikerahkan operasi Satuan Tugas Organik ke Papua Barat berasal dari Korem 032/Wirabraja, yaitu Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti.

Dari siaran resmi Penerangan Yonif 133/Yudha Sakti dilansir VIVA Militer, Rabu 30 November 2022, kemarin Kepala Staf Korem 032/Wirabraja, Kolonel Inf Josep Tanda Sidabutar telah datang ke markas Yonif 133/YS di Kota Padang, Sumatera Barat.

Laksma TNI Avianto Resmi Pegang Tongkat Komando Lantamal XII Pontianak

Kolonel Inf Josep datang untuk melakukan pemeriksaan kesiapan prajurit TNI Yonif 133/YS dalam melaksanakan operasi Satgas Organik Papua Barat nanti.

VIVA Militer: Pasukan Hantu Rimba Yonif 133/Yudha Sakti TNI.

Photo :
  • Yonif 133/Yudha Sakti
Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Enggak cuma personel yang diperiksa Kolonel Inf Josep dalam kegiatan itu. Namun juga berbagai persenjataan dan perbekalan yang akan dibawa pasukan hantu rimba Yudha Sakti dalam operasi nanti.

"Prajurit harus laksanakan zeroing senjata dengan baik karena pada saat kita melaksanakan tugas, yang bisa menyelamatkan kita hanya dua. Satu senjatamu,yang kedua Tuhan. Manfaatkan waktu yang ada untuk melaksanakan Zeroing Apa bila senjata mu sudah bagus, kamu akan pede ketika melaksanakan patroli, dan jangan pernah kamu lengah karena kelengahan akan membuat kehancuran buat kamu sendiri," kata Kolonel Inf Josep.

VIVA Militer: Pasukan Hantu Rimba Yonif 133/Yudha Sakti TNI.

Photo :
  • Yonif 133/Yudha Sakti

Prajurit TNI yang akan diberangkatkan dari Yonif 133/YS berjumlah 450 personel, mereka akan masuk bertugas di wilayah Papua Barat di bawah pimpinan Dansatgas, Letnan Kolonel Inf Adhika Ganessakti.

Yonif  133/Yudha Sakti merupakan salah satu batalyon andalan TNI Angkatan Darat untuk ditugaskan menjalankan berbagai operasi militer selain perang maupun operasi militer perang.

Selain itu, batalyon ini merupakan satuan kebanggaan TNI AD yang sering mengukir prestasi di kancang internasional dalam bidang olahraga dragonboat. Pada 2008, tim dragonboat Yonif 133/YS pernah menduduki peringkat 4 nomor 2000 meter dalam Kejuaraan Dunia antar Klub/ Club Crew World Championship (CCWC) yang dilangsungkan di Penang, Malaysia.

Bahkan pada 2009, tim dragonboat Yonif 133/YS pernah merebut medali emas di kejuaraan Putrajaya Dragonboat International di Kualalumpur .

Baca: Bermodal Potongan Bambu, Pasukan Hantu Laut Marinir TNI Dirikan Masjid Darurat di Cianjur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya