Jelang Fit and Proper Test, KSAL Siap Lanjutkan Kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika

VIVA Militer: KSAL Yudo Margono saat mendampingi Panglima TNI di Kolinlamil
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengaku siap untuk menjalani mekanisme atau proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI yang akan digelar oleh Komisi I DPR RI pada hari Jum'at, 2 Desember 2022 besok.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Persiapannya ya kita siap. Kita siapkan bahan-bahan yang besok akan dipertanyakan oleh Komisi I," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono usai melepas keberangkatan KRI Frans Kaisiepo - 368 dan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL ke Lebanon di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis, 1 Desember 2022.

Kendati demikian, Yudo enggan membocorkan pemaparan yang akan disampaikan dirinya di hadapan anggota Komisi I DPR RI nanti. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Nanti, sabar. Besok setelah fit and proper test saya sampaikan," ucap Yudo saat ditanyakan visi misi yang akan disampaikan dalam test uji kelayakan dan kepatutan bersama Komisi I DPR RI besok.

Ketika dikonfirmasi, apakah ada masukan secara khusus dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebelum menjalankan test uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test nanti, Yudo pun mengaku dirinya sangat intens berkomunikasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

VIVA Militer: KSAL Yudo Margono saat mendampingi Panglima TNI di Kolinlamil

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Yudo pun menegaskan, bahwa dirinya akan meneruskan kebijakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang memang sudah menjadi program pada tahun 2022 dan akan diterapkan di tahun 2023 mendatang. 

"Ya tadi disampaikan sudah ketemu. Kan tentunya pasti akan ada masukan-masukan lah dari beliau. Ya tentunya harus meneruskan apa-apa yang kebijakan beliau. Karena kan pasti tahun 2023, ini kan sudah direncanakan di tahun 2022. Tinggal melaksanakan," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada akhir Desember 2022 akan memasuki masa purna tugas atau pensiun dari kedinasan sebagai prajurit TNI.

Presiden RI Joko Widodo melalui Mensesneg Pratikno pada hari Senin, 28 November lalu secara resmi telah menyerahkan Surat Presiden (Surpres) tentang calon Panglima TNI kepada Ketua DPR RI Puan Maharani.

Puan Maharani selaku Ketua DPR RI secara resmi pun telah mengumumkan bahwa Presiden Jokowi telah mengusulkan calon tunggal pengganti Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, dia adalah KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya