Jadi Panglima TNI, Yudo Janji Akan Optimalkan Peran Operasi Kogabwilhan

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono usai fit and proper test Panglima TNI
VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono usai fit and proper test Panglima TNI
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, salah satu visi misi yang disampaikan dalam proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di hadapan anggota Komisi I DPR RI adalah memberdayakan satuan utama Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) sebagai sebuah kekuatan tiga matra TNI yang memiliki kemampuan disegani di mancanegara.

Menurut Yudo, salah satu cara untuk memberdayakan atau mengoptimalkan satuan komando utama di bawah Mabes TNI itu adalah dengan cara menggelar latihan bersama yang melibatkan prajurit dan alutsista dari tiga matra TNI, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara yang berada dibawah kendali Kogabwilhan.

"Nanti Kogabwilhan I, II, III akan saya berdayakan yang nantinya akan baik operasional maupun latihan-latihan nantinya akan menjadi latihan gabungan," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono usai menerima rombongan Komisi I DPR RI di Rumah Dinas KSAL Jalan Diponegoro 38/40, Menteng, Jakarta Pusat, Jum'at, 2 Desember 2022.

Mantan Panglima Kogabwilhan I itu menilai, soliditas prajurit TNI di tiga matra yang berada dibawah komando operasi Kogabwilhan harus lebih sering diuji bersama-sama demi menciptakan soliditas dan intropabilitas prajurit TNI tiga matra yang siap untuk menghadapi berbagai ancaman yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.

"Nanti latihan gabungan di wilayah barat, tengah, maupun wilayah timur yang dipimpin oleh Panglima Kogabwilhan sebagai Pangkogab di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

"Hal ini penting untuk menguji kesiapsiagaan dan juga bagaimana interoperabilitas antara kekuatan laut, darat, dan udara yang dipimpin nantinya oleh Pangkogabwilhan," tambahnya.

Untuk diketahui, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) merupakan komando utama operasi Mabes TNI yang penggunaannya dibawah komando Panglima TNI secara langsung.  

Halaman Selanjutnya
img_title