Pasukan Setia Sampai Mati Kostrad Siap Siaga Amankan Perayaan Nataru di Puncak Papua

VIVA Militer: Prajurit Yonif Raider 303/SSM ikut Apel Operasi Lilin Cartenz 2022
Sumber :
  • Pen. Satgas Yonif R 303/SSM

VIVA – Ratusan prajurit TNI Angkatan Darat dari satuan Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 303/Setia Sampai Mati (SSM) Kostrad siap membantu Polri dalam menjaga keamanan jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di Kabupaten Puncak, Papua.  

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Kesiapan prajurit tempur Kostrad yang saat ini bertugas sebagai Satgas Organik TNI AD di Pos Kotis itu ditandai dengan keiikutsertaan mereka dalam kegiatan Apel Gabungan Pasukan Operasi Lilin Cartenz 2022 yang dipimpin  Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia di Lapangan Apel Mapolres Kabupaten Puncak, Papua pada hari Kamis, 22 Desember 2022 kemarin.

"Kami berkomitmen menjaga situasi wilayah tetap kondusif, khususnya jelang Natal dan Tahun Baru," kata Dansatgas Satuan Organik Yonif R 303/SSM Letkol Inf Slamet Faojan dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum'at, 23 Desember 2022.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Sementara itu, Bupati Kabupaten Puncak Bapak Willem Wandik yang hadir dan bertugas sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo. Dia menyampaikan bahwa Apel Gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, untuk menyambut Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Operasi Lilin Cartenz tahun 2022 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan secara serentak selama 11 hari mulai tanggal 23 Desember 2022 hingga tanggal 02 Januari 2023 mendatang.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer: Satgas Yonif Raider 303/SSM ikut Apel Operasi Lilin Cartenz Papua

Photo :
  • Pen. Yonif Raider 303/SSM

Tidak hanya itu, Bupati Willem Wandik juga menyampaikan bahwa kegiatan Apel Pasukan Operasi Lilin Cartenz tahun 2022 itu merupakan kegiatan yang harus didukung oleh seluruh jajaran keamanan, termasuk Satgas jajaran Ilaga dalam rangka menciptakan Stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten sesuai dengan tugas pokoknya.

"Saya berpesan jadikan pengamanan Nataru (Natal Dan Tahun Baru) sebagai sebuah kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesual rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif seraya deteksi dini," kata Bupati Puncak.

Untuk diketahui, sejumlah pejabat keamanan di wilayah Kabupaten Puncak, Papua turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Gabungan TNI-Polri tersebut, diantaranya adalah Letkol Cku M. Alwan Wijaya, Kasdim 1714/PJ, Mayor Inf Inra Surya Hasibuan, Dansektor Satgas Damai Cartenz, Kompol Wugar Hadi, Kapten Inf Kenny Maheswara, serta Pejabat Polres Puncak Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya