2 Pejabat Penting Kopasgat TNI AU Diganti, Siapa Saja Mereka?

VIVA Militer: Dankopasgat pimpin Sertijab dua pejabat utama Kopasgat
Sumber :
  • Pen. Kopasgat TNI AU

VIVA – Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Marsekal Muda (Marsda) TNI Taspin Hasan hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dua pejabat utama Korps Baret Jingga TNI Angkatan Udara di Mako Kopasgat, Bandung, Jawa Barat.

Terkuak! Pemilik Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Ternyata Pakai Pelat Dinas Palsu

Dua Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan Udara yang dilantik oleh orang nomor satu di pasukan elit TNI AU itu adalah Kolonel Pas Sumarsono dan Kolonel Kes dr. Haneng Marissangan.

Kolonel Pas Sumarsono dilantik sebagai Asisten Personel (Aspers) Kopasgat menggantikan Kolonel Pas Nana Setiawan. Sementara, Kolonel Kes dr. Haneng Marissangan dilantik sebagai Kepala Kesehatan (Kakes) Kopasgat menggantikan pejabat sebelumnya, yaitu Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito.

TNI dan Polri Minta Maaf kepada Masyarakat atas Bentrok Prajurit AL dan Brimob di Sorong

Untuk diketahui, Sertijab ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Kep/33-PKS/XI/2022 Tanggal 17 November 2022 dan Nomor Kep/34-PKS/XI/2022 Tanggal 25 November 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Dalam amanatnya, Dankopasgat Marsda TNI Taspin mengatakan, pergantian jabatan yang terjadi di tubuh TNI, khususnya di Kopasgat TNI AU merupakan sebuah dinamika organisasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan peran dan tugas satuan.

Mengupas Tuntas ‘Kenapa Iran Menyerang Israel?’

"Dalam kehidupan organisasi yang berkembang secara dinamis, serah terima jabatan pada dasarnya merupakan bagian dari dinamika organisasi yang dilaksanakan secara teratur, terencana dan berkesinambungan sebagai upaya untuk lebih mengoptimalkan peran dan tugas satuan, agar menjadi seimbang dan selaras sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan organisasi," kata Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan dalam keterangan resminya di Mako Kopasgat, Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung, Jawa Barat, Jum'at, 23 Desember 2022.

VIVA Militer: Dankopasgat Marsda TNI Taspin pimpin Sertijab 2 pejabat Kopasgat

Photo :
  • Pen. Kopasgat TNI AU

Lebih jauh Dankopasgat menegaskan, dua jabatan yang baru saja dilakukan proses Sertijab memiliki peran penting di lingkungan Korps Baret Jingga. Menurut Dankopasgat, tugas Asisten Personel (Aspers) sebagai eselon pembantu pimpinan. Sementara itu, Kepala Kesehatan (Kakes) Kopasgat sebagai eselon pelaksana pusat yang mempunyai peran sangat strategis untuk para personel.

"Pemahaman yang akurat terhadap pelaksanaan tugas serta kesejahteraan dan moril personel merupakan keharusan yang tidak dapat ditawar-tawar dalam upaya pencapaian tugas kopasgat guna mendukung tugas TNI Angkatan Udara," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dankopasgat juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas dedikasi, kinerja dan pengabdian tulus yang telah ditunjukkan kepada Kolonel Pas Nana Setiawan dan Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito.

"Semoga pengalaman tugas tersebut dapat berguna dalam penugasan berikutnya," kata Dankopasgat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya