Kapal Patroli TNI AL Tabrak Perahu Penyelundup 43 Paket Sabu di Perairan Aceh

VIVA Militer: Kapal penyelundup narkoba jenis sabu di perairan Aceh
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kapal patroli TNI Angkatan Laut dari satuan jajaran Lanal Lhokseumawe (LSE) berhasil membongkar upaya penyelundupan paket barang haram narkotika jenis Sabu di perairan Pantai Meuraksa, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Kerennya lagi, penangkapan penyelundupan crystal haram itu dilakukan dengan sangat dramatis. Pasalnya kapal patroli TNI Angkatan Laut yang mengejar pelaku penyelundupan sempat menabrakkan kapal ke perahu yang dicurigai membawa paket narkoba yang diduga untuk diperjualbelikan jelang malam perayaan malam Tahun Baru 2023 di Aceh tersebut.

Penangkapan penyelundupan sabu-sabu itu bermula dari adanya informasi yang diperoleh oleh Lanal Lhokseumawe pada hari Jum'at, 23 Desember 2022 lalu bahwa akan ada pendaratan barang ilegal jenis sabu di sekitaran Pantai Meuraksa, Kota Lhokseumawe.

Ceramahnya Dituding Sindir Rhoma Irama, Ini Klarifikasi Umi Laila

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah langsung memerintahkan Tim Intel Lanal Lhokseumawe bersama Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Lanal Lhokseumawe untuk bergerak melaksanakan penyelidikan dan penggalian informasi di wilayah tersebut.

Usai mendapatkan kepastian informasi, kemudian Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah menginstruksikan tim patroli TNI AL untuk melakukan penyergapan dan penangkapan terhadap kapal yang membawa paket barang haram tersebut. 

Bukan Fortuner, Nomor Pelat TNI yang Viral Ternyata Terdaftar untuk Pajero Sport

VIVA Militer: Prajurit TNI AL tangkap penyelundup 45 Kg sabu di Perairan Aceh

Photo :
  • Dispenal

Sesaat setelah mendapatkan perintah dari Danlanal LSE, Tim Patroli Kamla Lanal LSE kemudian bergerak cepat dibawah pimpinan Kapten Laut (T) Aswandi. Mereka bergerak dari Pelabuhan Krukuh menuju pesisir sekitar lokasi dengan menggunakan Patkamla Arakundo (KMC Sea Hunter).

Setibanya di lokasi, tim patroli kemudian melaksanakan penggelapan menunggu sasaran melintasi lokasi. Setelah menunggu selama beberapa jam, pada pukul 01.45 WIB Tim Lanal LSE berhasil menangkap pelaku penyelundupan beserta barang bukti jenis sabu berisi 43 bungkus paket dengan menabrakkan kapal patroli ke kapal tersangka.

Danlanal LSE Kolonel Marinir Dian Suryansyah mengatakan, saat ini satu orang pelaku penyelundupan berinisial MN dan barang bukti 43 paket sabu dengan total 45 kilogram telah diserahkan ke Denpomal Lanal LSE untuk pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. 

"Sindikat penyelundupan barang haram ini indikasinya di perairan Aceh menunjukkan peningkatan terutama pada saat menjelang libur Natal dan Tahun Baru," kata Danlanal LSE Kolonel Marinir Dian Suryansyah dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Senin, 26 Desember 2022.

Sementara itu, di tempat terpisah Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah mengapresiasi gerak cepat dan kinerja Tim F1QR Lanal Lhokseumawe yang telah berhasil mengungkap dan menangkap pelaku penyelundupan narkoba tersebut. 

"TNI AL akan senantiasa mendukung penuh upaya pemerintah dalam memerangi dan memberantas peredaran narkoba (War on Drugs). Hal tersebut juga merupakan arahan dan instruksi Bapak Kasal, sebagai bentuk keseriusan TNI AL dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba di negara Indonesia khususnya di wilayah kerja Lantamal I dan Lanal jajaran," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya