Terkuak Alasan Mulia di Balik Aksi Berani Prajurit Kostrad TNI Lumpuhkan 3 Gangster Seorang Diri

VIVA Militer: Pratu Muhammad Hafifi.
Sumber :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

VIVA – Beberapa hari lalu, masyarakat Indonesia dibuat takjub dengan aksi berani prajurit TNI Angkatan Darat dari Kostrad yang seorang diri melumpuhkan kelompok gangster sadis di Tangerang, Banten.

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Kisah prajurit TNI bernama Pratu Muhammad Hafifi itu pun melejit dan menjadi kabar terhangat di pengujung 2022 lalu.

Namun di balik semua cerita yang telah diungkap, ada satu hal yang sampai saat ini mungkin jadi pertanyaan besar, yaitu tentang apa sih yang membuat Pratu Hafifi terdorong dan mau repot-repot turun tangan langsung bahkan mempertaruhkan keselamatannya melumpuhkan kelompok gangster itu?.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Kebetulan banget, Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat mengundang langsung anggota Detasemen Markas (Denma) Divisi Infanteri I Kostrad itu ke acara podcast Kartika untuk menguak semua alasan di balik nyali besar Pratu Hafifi melumpuhkan gangster.

Menurut Pratu Hafifi dilansir VIVA Militer, Selasa 3 Januari 2023, setelah mendapat informasi soal kelompok gangster bersenjata yang sedang melakukan gangguan keamanan terhadap masyarakat dan pengguna jalan, akhirnya dari hati kecilnya tergerak untuk bertindak.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

VIVA Militer: Pratu Muhammad Hafifi.

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

"Yang pertama rasa menyentuh hati, kasihan banget sama masyarakat kalau ada korban, dari pengguna jalan atau gimana kan. Selain itu saya teringat perintah harian Bapak KSAD, 'TNI AD hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat. Apapun bentuknya dan sentiasa menjadi solusi'" kata Pratu M Hafifi.

Pratu Hafifi menceritakan, walau tergerak untuk menolong masyarakat, tapi dia tak lantas langsung menyerang para gangster. Karena risikonya cukup tinggi, sebab gengster itu membawa berbagai senjata tajam.

"Di situ saya gak langsung nyamperin, lihat situasi apakah berbahaya banget buat saya, saya berhenti di motor, saya lihat ada beberapa gang tersebut memisahkan diri ke warung sembako. Saya inisiatif apakah benar ini geng, saya lihat gerak geriknya mencurigakan berusaha menyembunyikan senjata. Akhirnya saya hampiri," ujar Pratu Hafifi.

Setelah memastikan bahwa benar orang yang ke warung itu adalah gangster, Pratu Hafifi baru bertindak. Gangster sempat berusaha kabur. Tapi tiga di antaranya berhasil dilumpuhkan tanpa berani melakukan perlawanan terhadap Pratu Hafifi. Dan kemudian dengan bantuan masyarakat, ketiga gangster dibawa ke kantor polisi.

Untuk diketahui, aksi luar biasa Pratu Muhammad Hafifi itu terjadi pada Minggu malam 25 Desember 2022. Jadi ketika itu ia sedang dalam perjalanan ke rumah orangtuanya di Tenjo, Bogor, untuk mengantarkan obat kepada ibunya yang sedang sakit. Di tengah perjalanan ia mendapatkan informasi soal kelompok gangster yang sedang melakukan penghadangan pengguna jalan. Dan akhirnya ia tergerak untuk menolong masyarakat.

Baca: Ternyata Tak Cuma Letkol Ade, 3 Perwira TNI Juga Tinggalkan Batalyon Petir 408 Kodam Diponegoro

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya