14 Hari di Lautan dan Diterjang Ombak Besar, Akhirnya Pasukan Pemukul Harimau Siliwangi Tiba di Jawa

VIVA Militer: Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang.
Sumber :
  • Kodim Sumedang

VIVA – Setelah 14 hari menempuh perjalanan panjang dari Timika, Papua, akhirnya kapal perang TNI, KRI Teluk Hading-538 tiba dengan selamat di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Jakarta Utara.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

Kedatangan KRI Teluk Hading ke Jakarta adalah untuk mengangkut pasukan Satuan Tugas Organik TNI Angkatan Darat, Batalyon Infanteri Raider 301/ Prabu Kian Santang yang baru saja sukses melaksanakan tugas operasi di Papua.

Menurut Komandan Satgas Yonif Raider 301/PKS, Letnan Kolonel Inf Mohammad Syaifuddin Fanany, pelayaran KRI Teluk Hading yang dikomandani Letkol Laut Asri Wahyudi secara keseluruhan berjalan lancar dan aman.

Begini Potret Lebaran Prajurit Satgas MTF TNI Konga di Daerah Operasi Lebanon

"Alhamdulillah puji syukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Kami pasukan Satgas telah tiba di Kolinlamil Jakarta dalam keadaan aman, KRI Teluk Hading 538 yang membawa Kami, selama di perjalanan tidak ada hambatan dan rintangan," kata Letkol MS Fanany dalam siaran resmi dilansir VIVA Militer, Senin 9 Januari 2023.

VIVA Militer: Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang.

Photo :
  • Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang
Pesawat Super Hercules TNI AU yang Sukses Turunkan Bantuan Kemanusiaan Gaza Akan Tiba di Tanah Air

Menurut Letkol Inf MS Fanany,  memang selama pelayaran KRI Teluk Hading harus berhadapan dengan gelombang laut yang tinggi dan cuaca ekstrem. Tapi hal itu tak menyurutkan semangat juang awak kapal untuk terus berlayar.

"Walaupun ada, berupa rintangan alam cuaca dan ombak yang cukup besar, KRI Teluk Hading tetap berlayar, ABK dan pasukan hanya meminta kepada Yang Maha Kuasa agar di dalam perjalanan selalu diberikan kelancaran dan keamanan," ujar Letkol Inf Fanany.

Perlu diketahui, pasukan legendaris harimau Kodam Siliwangi ini mulai meninggalkan tanah Papua pada 24 Desember 2022 melalui Dermaga Cargo Dock PT Freeport Indonesia. Pasukan ini telah melaksanakan operasi di wilayah Pegunungan Tengah, Puncak Jaya selama 9 bulan.

VIVA Militer: Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang.

Photo :
  • Yonif Raider 301/Prabu Kiansantang

Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang merupakan satuan tempur TNI yang dari dahulu telah memiliki rekam jejak yang luar biasa. Batalyon yang terbentuk dari Brigade Prabu Kian Santang sejak 1948 itu merupakan pasukan yang dikenal sangar dan ditakuti penjajah Belanda.

Penjajah Belanda tercatat beberapa kali dibuat kewalahan menghadapi pertempuran pasukan Prabu Kian Santang. Bahkan beberapa perwira tentara Belanda tewas di berbagai pertempuran. Dan pasukan inilah yang pertama kali berhasil menduduki dan membebaskan Kota Madiun dari pemberontak PKI.

Saat ini Yonif Raider 301/PKS merupakan andalan Kodam Siliwangi sebagai Pasukan Gerak Cepat Lintas Medan yang berada di bawah kendali Brigade Infanteri 15/Kujang II, Korem 062/Taruma Nagara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya