Speed Boat Rombongan Danramil Wartas Terbalik di Perairan Papua, Satu Prajurit TNI AD Hilang

VIVA Militer: Kapal Perang TNI AL evakuasi korban speed boat tenggelam di Papua
Sumber :
  • Dispen Koarmada III

VIVA – Sebuah kapal Speed Boat Jolor JT yang mengangkut 14 penumpang yang terdiri dari tujuh orang personel TNI Angkatan Darat dari satuan Koramil 1709-05/Wartas dan tujuh orang warga sipil dikabarkan terbalik dan tenggelam di Perairan Serui, Kabupaten Yapen, Papua pada hari Sabtu malam, 7 Januari 2023 lalu.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari mengatakan, speed boat yang mengangkut rombongan Plh Danramil 1709-05/Wartas Serma Wiyoto bersama enam personel anggotanya itu mengalami kecelakaan di sekitar perairan Serui setelah berangkat dari Pelabuhan Rakyat Jembatan 3000, Jl. Diponegoro, Distrik Yapen Selatan, Kab. Kep. Yapen menuju Kp. Barapasi, Distrik Wartas, Kab. Memberamo Raya. 

Dari 7 (tujuh) personel TNI Angkatan Darat yang ikut dalam rombongan speed boat tersebut dikabarkan enam orang telah berhasil diketemukan dengan kondisi 4 (empat) anggota selamat, dua personel meninggal dunia. Dan satu personel lagi masih hilang. 

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

"Hingga saat ini, informasi yang berhasil dihimpun, dari 7 orang penumpang anggota TNI AD, 4 orang selamat, 2 orang meninggal dan 1 orang sedang dalam pencarian. Saat ini petugas terkait sedang melakukan penyisiran dan pencarian lebih lanjut korban yang belum ditemukan," kata Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari saat dikonfirmasi VIVA Militer, Senin, 9 Januari 2023.

VIVA Militer: KRI Albakora-867 memberikan pertolongan medis kepada Serma Wiyoto

Photo :
  • Dispen Koarmada III
Belasan Desa di Luwu Terisolasi akibat Banjir dan Longsor, BNPB Kerahkan Helikopter dan Pesawat

Sementara itu, lanjut Kadispenad, tujuh orang warga sipil masyarakat Barapasi lainnya yang turut menjadi korban dari kecelakaan speed boat tersebut telah ditemukan. 

Diberitakan VIVA Militer sebelumnya, kapal perang TNI Angkatan Laut dari unsur Koarmada III Sorong, KRI Albakora-867 yang turut diterjunkan dalam operasi pencarian atau SAR atas insiden kecelakaan laut itu, pada hari Minggu, 8 Januari 2023 kemarin, telah berhasil menemukan seorang korban yang belakangan diketahui sebagai Plh Danramil 1709-05/Wartas yang bernama Serma Wiyoto.

Serma Wiyoto ditemukan dalam keadaan selamat dengan kondisi sudah lemas dan kulit terkelupas, karena lebih dari 20 jam terombang-ambing di laut lepas akibat insiden tersebut. Kini Danramil Wartas tersebut telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

Berikut ini data nama penumpang Speed Boat yang merupakan Anggota TNI AD yaitu:

1.  Serma Wiyoto (Plh. Danramil 1709-05/Wartas) Selamat
2.  Serda Yunus Dimara (Babinsa Koramil 1709-05/Wartas) Selamat
3.  Serda Ehud (Babinsa Koramil 1709-05/Wartas) Selamat
4.  Serda Ardo (Babinsa Koramil 1709-05/Wartas) Selamat
5.  Serda Arafat (Babinsa Koramil 1709-05/Wartas) Meninggal
6.  Serda Tomy karter (Babinsa Koramil 1709-05/Wartas) Meninggal
7.  Serda Jem (Babinsa Koramil 1709-05/Wartas) Dalam pencarian

Baca juga: Speed Boat Terbalik, Kapal Perang TNI AL Berhasil Temukan Serma Wiyoto Terombang-ambing di Laut Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya