Jokowi Hadiri Festival Islam Nusantara 1 Abad NU di Banyuwangi, Mayjen TNI Farid Siagakan Pasukan

VIVA Militer: Pangdam Brawijaya Mayjen Farid M. di Stadion Diponegoro Banyuwangi
Sumber :
  • Pendam V/Brawijaya

VIVA – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan menghadiri acara Festival Tradisi Islam Nusantara yang diselenggarakan sebagai rangkaian Peringatan Harlah 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) di Stadion Diponegoro, Banyuwangi, Senin malam, 9 Januari 2023. 

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Seluruh personel gabungan TNI-Polri dibawah komando Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf pun telah bersiap-siap mengamankan kedatangan RI-1 itu dengan mengerahkan pasukan. 

Tidak tanggung-tanggung, Jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat yang dibesarkan di Korps Baret Merah Kopassus itu sudah mempersiapkan 3.699 pasukan yang akan dikerahkan baik di sekitar Stadion Diponegoro sebagai venue utama acara Festival Islam Tradisi Nusantara, maupun di sejumlah titik-titik yang akan menjadi perlintasan Jokowi selama berada di Kabupaten Banyuwangi. 

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

"Pasukan itu terdiri dari 2.331 anggota TNI, 1.102 polri, dan 266 personel Satpol PP pemerintah daerah setempat," kata Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 9 Januari 2023.

Tidak hanya itu, dilansir dalam keterangan Pendam Brawijaya, Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf sejak hari Minggu, 8 Januari 2023 kemarin juga telah menggelar Apel Pasukan untuk mengecek secara langsung persiapan pengamanan RI-1 dan rombongan, serta melakukan pengecekan venue yang akan didatangi oleh Presiden Jokowi di Stadion Diponegoro, Banyuwangi.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Pada pemeriksaan di Stadion Diponegoro, Pangdam V/Brawijaya ingin memastikan seluruh proses pengamanan itu dapat berjalan baik dan lancar.

Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang pernah memimpin pasukan dalam operasi pengejaran DPO gembong teroris Poso, Ali Kalora itu memastikan pintu kedatangan RI-1, pintu masuk peserta, kondisi di dalam stadion termasuk pintu keluar dalam situasi tertentu dapat terakses dengan lancar. 

VIVA Militer: Pangdam Brawijaya cek lokasi acara sebelum Jokowi tiba di stadion

Photo :
  • Pendam V/Brawijaya

Mengingat gelaran ini akan dihadiri oleh tidak kurang 3 ribu orang, Pangdam memastikan penanganan situasi dan keamanan RI-1 sejak kedatangan, selama proses acara berlangsung hingga selesai berlangsung dengan aman dan lancar.

"Semua personel yang bertugas harus teliti, waspada dan antisipatif, tapi tidak boleh arogan, harus humanis. Sebab acara ini melibatkan para ulama dan santri," kata mantan Danrem 132/Tadulako kepada jajarannya.

Tidak hanya itu, Mayjen Farid juga telah berkoordinasi terkait dengan pengaturan Paspampres yang akan terlibat dalam melakukan pengawalan Presiden RI Joko Widodo agar dapat berada di lokasi sebelum pukul 16.00 WIB. 

"Seluruh kemungkinan terburuk harus diperhitungkan, termasuk mengantisipasi membludaknya massa yang antusias atas Kedatangan RI-1. Sehingga Kita harus memastikan keamanannya," kata Pangdam Brawijaya.

Untuk diketahui, acara Festival Tradisi Islam Nusantara ini merupakan rangkaian acara Peringatan Harlah Satu Abad NU yang puncaknya akan diselenggarakan di Stadion Sidoarjo, Jawa Timur pada Februari 2023 nanti.

Acara Festival Tradisi Islam Nusantara yang akan berlangsung malam nanti akan dihadiri oleh para Kiai Sepuh Nahdatul Ulama (NU), serta jajaran Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU). Tidak hanya itu, pada acara Festival Tradisi Islam Nusantara nanti malam juga akan menampilkan Gema Sholawat Nabi Muhammad SAW yang akan dipimpin oleh Habib Syekh Abdul Qodir Assegaf, Solo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya