Ditengah Kunjungan Panglima TNI ke Papua, KSAD Dudung Serahkan Bantuan Spesial ke Kodam Cenderawasih

VIVA Militer: KSAD Jenderal Dudung Abdurachman bersama Pangdam XVII/Cenderawasih
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan para Kepala Staf Angkatan TNI hari ini mengunjungi markas Kodam XVII/Cenderawasih di Jayapura, Papua.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Kunjungan Panglima TNI dan rombongan ke Papua yang dilakukan sejak hari Minggu, 8 Januari 2023 kemarin itu dilakukan dalam rangka mengecek secara langsung situasi keamanan di wilayah konflik Papua.

Dalam kesempatan itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga sempat menyerahkan bantuan berupa 6 pompa hydrant, 20 roll pipa HDPE dan 20 unit lampu solar cell kepada Kodam XVII/Cenderawasih. 

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Bantuan tersebut rencananya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di sejumlah wilayah operasi Papua yang hingga saat ini masih kesulitan air bersih.

"Penyerahan bantuan Kasad yang diterima langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhamad Saleh Mustafa ini, merupakan rangkaian kegiatan pada acara pengarahan Panglima TNI dan Kapolri kepada seluruh prajurit TNI Polri di wilayah Papua di Makodam XVII/Cenderawasih," kata Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 9 Januari 2023.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga memberikan pengarahan kepada 600 personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz di Makodam XVII/Cenderawasih.

VIVA Militer: Panglima TNI, Kapolri, KSAD, KSAU dan KSAL di Kodam Cenderawasih

Photo :
  • Dispenad

Tidak hanya itu, Panglima TNI dan Kapolri juga memberikan penghargaan kepada sejumlah personel TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz yang bertugas di wilayah Papua.

"Baik Panglima TNI maupun Kapolri saat pengarahannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas sinergi, dedikasi serta kerja keras seluruh prajurit TNI Polri untuk menjaga agar merah putih tetap berkibar di Papua," ujarnya.

Kadispenad menambahkan, Panglima TNI dan Kapolri juga menekankan kepada seluruh prajurit TNI-Polri agar tetap meningkatkan serta memperkokoh sinergi antara TNI, Polri dan komponen bangsa lainnya dalam membantu pemerintah melaksanakan program pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Papua, serta dalam menjaga kondisi yang tetap kondusif di wilayah Papua. 

Usai pengarahan di Makodam XVII/Cenderawasih, Panglima TNI dan Kapolri yang didampingi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali kemudian mendatangi markas Brigif 20/Ima Jaya Keramo Kostrad untuk bertatap muka dan memberikan pengarahan kepada prajurit TNI dan Polri di wilayah Timika, Papua Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya