Peringati Hari Dharma Samudera, KSAL Minta Prajurit TNI AL Contoh Semangat Juang Komodor Yos Sudarso

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin upacara Hari Dharma Samudera 2023 di atas kapal perang TNI AL, KRI Banda Aceh-593 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara.

Pihak Keluarga Anggap Kematian Lettu Eko di Papua Tak Wajar, Dankormar Angkat Bicara

Upacara Hari Dharma Samudera itu dilakukan oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Laut di seluruh Indonesia. Mereka secara serentak menggelar upacara di masing-masing satuan untuk memperingati pertempuran laut besar-besaran pertama kali dalam sejarah bangsa Indonesia yang berlangsung di Laut Aru yang telah menewaskan Komodor Yos Sudarso dan menenggelamkan kapal perang RI Macan Tutul oleh kapal perang Belanda di perairan Irian Barat.

"Hari Dharma Samudera yang setiap tahun diperingati tanggal 15 Januari ini dilakukan untuk memperingati gugurnya para pahlawan kita, khususnya TNI Angkatan Laut dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah bertempur melawan negara-negara penjajah untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia," kata KSAL Laksamana Muhammad Ali usai memimpin upacara di atas KRI Banda Aceh-593 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin, 16 Januari 2023.

Serbu dan Lumpuhkan OPM, Pasukan Operasi Khusus TNI Kuasai Total Homeyo

KSAL menambahkan, Hari Dharma Samudera memiliki makna penting bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut. Semangat juang Komodor Yos Sudarso dan para pejuang lainnya melawan penjajah Belanda dalam pertempuran merebut Irian Barat dari tangan penjajah ketika itu.

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali pimpin upacara Dharma Samudera

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer
Ebrahim Raisi, Almarhum Presiden Iran yang Ancam Lenyapkan Israel dari Peta Dunia

"Peristiwa heroik ini memberikan hikmah yang cukup memberikan semangat kepada para pelaut dan TNI AL yang masih ada. Saya berharap peristiwa bersejarah ini dapat menjadi motivasi untuk seluruh prajurit TNI Angkatan Laut dalam meneruskan perjuangan para pahlawan kita, terutama dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan di seluruh perairan Nasional," ujarnya.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, usai melaksanakan upacara dan doa bersama di atas KRI Banda Aceh-593, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono kemudian melakukan tabur bunga di Teluk Jakarta. Aksi tabur bunga itu kemudian diikuti oleh seluruh Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta para siswa Pramuka Saka Bahari yang mengikuti upacara Hari Dharma Samudera di atas kapal perang TNI AL tersebut.

VIVA Militer: Bangkai helikopter Bell 212 yang ditumpangi Presien Iran

Sabotase Helikopter, Intelijen Israel di Balik Kematian Presiden Iran?

Pemerintah Israel bungkam.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2024