Perombakan Besar TNI, Panglima Angkat Kolonel Baroyo Jadi Komandan Pasukan Khusus Kopaska

VIVA Militer: Komando Pasukan dari Neraka TNI AL.
Sumber :
  • Kopaska

VIVA – Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengeluarkan keputusan untuk melakukan mutasi jabatan terhadap 223 perwira tinggi dan menengah di lingkungan militer Indonesia.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Dalam surat keputusan Panglima TNI nomor 48/I/2023 tertanggal 16 Januari 2023, mutasi jabatan terjadi merata di ketiga matra, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Nah dalam SK itu ternyata Panglima TNI juga melakukan regenerasi kepemimpinan di satuan pasukan khusus. Tepatnya di Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Berdasarkan amatan VIVA Militer, Kamis 19 Januari 2023, dalam SK itu. Telah diputuskan bahwa Kopaska TNI Angkatan Laut berganti komandan.

VIVA Militer: Laksamana TNI YM

Photo :
  • Puspen TNI
TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Jadi, Komandan Pusat Kopaska diganti dari Laksamana Pertama TNI Yudhi Bramantyo Nur Sasongko kepada Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki. Yang menariknya, Kolonel Baroyo ternyata bukan orang baru di pasukan khusus berjuluk Pasukan dari Neraka itu. Karena sebelumnya ia adalah Wakil Komandan Pusat Kopaska.

Laksma TNI Yudhi menyerahkan jabatan Danpuskopaska kepada Kolonel Laut Baroyo karena dalam SK itu ia dipromosikan untuk menjabat Komandan Dinas Pengamanan dan Persandian TNI Angkatan Laut (Dispamsanal).

Perlu diketahui, keputusan Panglima TNI menunjuk Kolonel Laut Baroyo menjadi Komandan Pusat Kopaska seperti sebuah keputusan yang tepat. Karena memang perwira menengah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XLI/tahun 1995 ini lahir dan dibesarkan oleh Pasukan Katak.

VIVA Militer: Kolonel Baroyo saat jadi Wadan Lantamal VI/Makassar

Photo :
  • Lantamal VI/Makassar

Tercatat ia pernah dipercaya mengisi jabatan strategi di Kopaska. Ia pernah jadi Wakil Komandan Kopaska Komando Armada Barat, lalu jadi Komandan Kopaska Komando Armada Timur.

Selain di Kopaska, Kolonel Laut Baroyo pernah juga menjabat Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banten dan Wakil Komandan Lantamal VI/Makassar.

Baca: Mutasi Besar TNI, Panglima Pindahkan Kolonel Marinir Jebolan Amerika dari Eropa ke China

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya