2 Jenderal Komandan Pasukan Khusus Dunia Bertemu di Markas Hantu Rimba TNI Cijantung, Ada Apa...

VIVA Militer: Mayjen TNI Iwan dan Mayjen Steve Boivin
Sumber :
  • Penerangan Kopassus

VIVA – Ada kejadian spesial berlangsung di Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat di Cijantung, Jakarta Timur.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Jadi dua jenderal Komandan Pasukan Khusus dunia, yakni Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan dan Mayor Jenderal Steve Boivin sang Komandan Pasukan Khusus militer Kanada alias Canadian Special Operations Command (CANSOFCOM) melakukan pertemuan di Gedung Flamboyan.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kopassus dilansir VIVA Militer, Kamis 19 Januari 2023, Mayjen Steve Boivin jauh-jauh datang ke markas hantu rimba TNI itu untuk melakukan pembicaraan penting terkait kemungkinan kerjasama antara Kopassus dengan CANSOFCOM.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

"Saya menilai kerjasama ini dapat dilaksanakan dengan baik dan masih banyak yang dapat kita kembangkan dalam berbagai kegiatan guna meningkatkan hubungan,"kata Mayjen TNI Iwan Setiawan.

VIVA Militer: Mayjen TNI Iwan dan Mayjen Steve Boivin

Photo :
  • Penerangan Kopassus
Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Menurut Danjen Kopassus, sebenarnya kerjasama antara Kopassus dengan CONSOFCOM sudah berjalan lama.  Bahkan sejak 2011 beberapa kali terjalin kerjasama pendidikan.

"Kopassus mengirimkan perwira ke Kanada antara lain pada tahun 2011 mengirimkan dua perwira dan terakhir pada tahun 2022 lalu mengirimkan seorang perwira yaitu, Lettu Inf Sihol," kata Danjen Kopassus.

Selain dengan Kanada, Kopassus juga telah melakukan kerjasama latihan bersama dengan banyak militer dunia seperti Singapura, China, Brunei Darusalam, Skotlandia dan juga Kanada.

Untuk diketahui CONSOFCOM merupakan pasukan rahasia yang baru aktif pada 2006. Namun meski begitu nama pasukan khusus ini sudah cukup dikenal dan disegani di dunia. Terutama Joint Task Force 2 (JTF 2) nya.

CONSOFCOM membawahi lima satuan pasukan khusus lainnya yaitu JTF 2; Canadian Special Operations Regiment (CSOR); 427 Special Operations Aviation Squadron (SOAS); Canadian Joint Incident Response Unit (CJIRU); dan Canadian Special Operations Training Centre (CSOTC).

Baca: TNI Berduka, Mayor Herold Yan Theo Meninggal Dunia di Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya