Kostrad TNI Mau Ternak Sapi di Tepi Samudera Hindia, Janderal Maruli Terbang ke Pangandaran

VIVA Militer: Panglima Kostrad, Letjen TNI Maruli di Pangandaran
Sumber :
  • Penerangan Kostrad TNI

VIVA – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrd), Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak telah melakukan penerbangan dengan Pesawat Susi Air ke Bandara Udara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Setiba di bandara, sejumlah perwira petinggi satuan-satuan TNI Angkatan Darat langsung menyambnut. Antara lain, Komandan Brigade Infanteri 13/Galuh; Komandan Distrik Militer Pangandaran, Komandan Batalyon Infanteri Raider 323/Buaya Putih dan Komandan Sub Denpom III/2-4 Banjar.

Letjen TNI Maruli datang jauh-jauh dari Jakarta bukan buat plesiran ke pantai Pangandaran, apalagi ke Green Canyon. Tapi menurut siaran resmi Penerangan Kostrad yang diterima VIVA Militer, Jumat 27 Januari 2023, beliau ke wilayah selatan Jawa untuk meninjau lahan.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

VIVA Militer: Panglima Kostrad, Letjen TNI Maruli di Pangandaran

Photo :
  • Penerangan Kostrad TNI

Lahan yang ditinjau oleh Letjen TNI Maruli lumayan besar lho, sampai 100 hektare. Nah lahan itu ditinjau untuk melihat kondisinya sebelum dilaksanakan program ketahanan pangan.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Lokasi lahan itu cukup jauh, letaknya di Desa Limus Gede sebuah wilayah di Kecamatan Cimerak yang berada di tepian Samudera Hindia. Sedangkan lokasi lainnya ada di sekitar Pelabuhan Bojong Salawe, Parigi.

Di sana Letjen TNI Maruli bertemu juga dengan Kapten Inf Edi Riwanto, ia tak lain adalah prajurit TNI yang menjadi koordinator dari program ketahanan pangan Kostrad.

Dalam paparannya kepada Letjen TNI Maruli, Kapten Inf Edi memaparkan bahwa sudah ada 12 haktare lahan yang dibuka dan dikelola sembilan kelompok tani setempat. Dan lahan itu kini ditanami jagung.

Menurut Letjen TNI Maruli, program ketahanan pangan ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab kondisi Indonesia yang subur sangat mendukung sektor pertanian dan perkebunan.

VIVA Militer: Panglima Kostrad, Letjen TNI Maruli di Pangandaran

Photo :
  • Penerangan Kostrad TNI

"Contoh lahan di Sukabumi yang saat ini sudah bisa dikelola oleh TNI dan petani sekitar serta hasilnya juga sudah bisa dirasakan oleh TNI dan juga masyarakat," kata Letjen TNI Maruli.

Nah ternyata enggak cuma mau bertani dan menanam jagung, di lahan itu Letjen TNI Maruli juga akan memelihara sapi. "Program tambahan Kostrad yaitu memelihara sapi dan sudah disiapkan lahan peternakan 50-100 hektarw, jika jauh dari sumber air maka nanti akan kita buatkan sumur bor," kata Letjen TNI Maruli.

Perlu diketahui, selama menjabat Pangkostrad, Letjen TNI Maruli memang gencar menggiatkan program bercocok tanam. Bahkan ia menyulap rooftop gedung Markas Kostrad di Gambir, Jakarta Pusat jadi perkebunan sayur mayur.

Baca: Mayor Akmil 2005 Jadi Komandan Batalyon Kostrad TNI Peringkus Gembong Pemberontak Negara Islam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya