Aksi Heroik Prajurit TNI AD Selamatkan Bayi yang Terjebak Banjir di Manado

VIVA Militer: Prajurit TNI AD selamatkan bayi yang terjebak banjir di Manado
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Sejumlah wilayah di Kota Manado mendadak terendam banjir sejak Jum'at, 27 Januari 2023 dini hari tadi.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Banjir yang disebabkan tingginya intensitas hujan sejak tengah malam kemarin itu, tidak hanya menggenangi ratusan rumah warga, tapi juga telah menyebabkan sejumlah wilayah mengalami longsor.

Prajurit TNI Angkatan Darat dari jajaran Kodam XIII/Merdeka pun bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor tersebut.

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160

Mereka berjibaku memberikan pertolongan kepada seluruh warga yang terjebak banjir. Bahkan, dari dokumentasi yang diperoleh VIVA Militer, sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat dari jajaran Korem 131/Santiago Kodam XIII/Merdeka berjibaku ditengah guyuran hujan dan tingginya genangan banjir mengevakuasi seorang balita ke tempat yang aman.

Pengerahan pasukan untuk membantu para korban banjir dan tanah longsor di Manado itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Hamim Tohari.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Kadispenad Brigjen TNI Hamim mengatakan, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah menginstrusikan jajarannya untuk bergerak cepat membantu para korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di Manado, Sulawesi Utara.

"Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah memerintahkan Pangdam XIII/Merdeka untuk segera mengerahkan pasukan dan sarana prasarana untuk membantu evakuasi dan penanganan bencana," kata Kadispenad Brigjen TNI Hamim Tohari dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at 27 Januari 2023.

VIVA Militer: Prajurit Kodam XIII/Merdeka bantu evakuasi korban banjir di Manado

Photo :
  • Dispenad

Lebih jauh dia sampaikan, hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Manado dan sekitarnya sejak Jumat (27/1/2023) pukul 03.00 WITA dini hari tadi, telah menyebabkan terjadinya bencana banjir hingga tanah longsor di berbagai titik di Kota Manado.

Adapun wilayah yang terkena banjir di wilayah Kota Manado antara lain, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Singkil, Kecamatan Wenang, Kecamatan Paal 2, Kecamatan Tikala dan Kecamatan Bunaken dengan kedalaman air yang terendam banjir rata-rata antara 1 – 1,5 meter. 

Sementara wilayah yang terkena tanah longsor meliputi Kecamatan Singkil dan Kecamatan Paal 2 Kota Manado.

Kadispenad menegaskan, satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka sudah bergerak dengan sigap menyebar dan turun langsung menerjunkan ratusan personelnya ke lokasi bencana untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor dengan mengerahkan sejumlah  LCR dan mendirikan posko pengungsi, serta dapur lapangan.

"Dengan mengerahkan perahu LCR, para prajurit langsung masuk mendekati kediaman warga yang sudah terperangkap banjir yang semakin tinggi. Kaum lansia dan bayi menjadi prioritas utama penyelamatan. Pada keadaan darurat ini para pengungsi diarahkan ke posko TNI terdekat yang berada di seputaran Makorem 131/Santiago yang aman dari genangan banjir," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya