Komandan Korps Marinir Lantik Brigjen TNI Umar Farouq Jadi Danpasmar I

VIVA Militer: Brigjen TNI Marinir Umar Farouq dilantik jadi Danpasmar 1
Sumber :
  • Dispen Lantamal III Jakarta

VIVA – Rotasi kepemimpinan di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali terjadi. Kali ini pergantian atau rotasi itu terjadi di lingkungan Korps Marinir TNI AL

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama Militer Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, pada hari Selasa, 7 Februari 2023 kemarin telah dilantik oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto untuk menempati posisi barunya sebagai Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) I.

Brigjen TNI Marinir Umar Farouq dipercaya menggantikan posisi Brigjen TNI Marinir Hermanto, yang akan menjabat sebagai Wakil Komandan Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Rabu, 8 Februari 2023, upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Brigjen TNI Umar Farouq sebagai Danpasmar I itu digelar di Lapangan Hijau Mako Korps Marinir Jalan Prajurit KKO Usman Harun No.40, Kwitang, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan yang sama, Dankormar juga memimpin Sertijab Komandan Pasmar 2 dan Komandan Pasmar 3 yang baru.

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Dalam amanatnya, Dankormar Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto berpesan kepada pemegang tongkat komando di jajaran Marinir yang baru agar dapat membawa pengalaman tugas sebelumnya untuk diaplikasikan dalam penugasan berikutnya.

"Selamat bertugas dan tingkatkan terus kesiapan tempur Korps Marinir," kata Dankormar Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto.

VIVA Militer: Brigjen TNI Marinir Umar Farouq diarak keliling Mako Brigif 1 Cldk

Photo :
  • Dispen Kormar

Usai upacara Sertijab, kemudian Brigjen TNI Umar Farouq bersama Brigjen TNI Hermanto langsung menuju lapangan Apel Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan untuk menjalankan upacara pisah sambut yang merupakan salah satu tradisi dalam pergantian kepemimpinan di lingkungan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Setibanya di Cilandak, dua Perwira Tinggi (Pati) Korps Baret Ungu itu langsung disambut oleh ratusan prajurit tempur Pasmar 1 Marinir.

Di hadapan seluruh prajurit Pasmar 1 Marinir, Brigjen TNI Hermanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit petarung Marinir yang telah setia menjalankan tugas selama dirinya memimpin.

"2 tahun 1 bulan 17 hari saya berada di tengah-tengah petarung hebat, saya adalah salah satu orang yang beruntung karena diberikan kesempatan hadir di tengah-tengah prajurit-prajurit yang hebat. Oleh karena itu teruslah memberikan yang terbaik kepada pada Korps Marinir khususnya Pasmar 1, jangan pernah ada kata lelah teruslah berbuat, sekali lagi saya mohon pamit, terima kasih prajuritku, cerita saya sudah selesai sebagai Komandan Pasmar 1," kata Brigjen TNI Marinir Hermanto di hadapan prajurit Pasmar 1.

Sementara itu, sebagai Komandan Pasmar 1 Marinir yang baru, Brigjen TNI Umar Farouq mengatakan, bahwa dirinya merasa terhormat karena berada di depan para prajurit petarung Marinir Pasmar 1 untuk bersama-sama membesarkan Korps Baret Ungu.

"Saya siap berada di depan prajurit Pasmar 1, berilah saya pekerjaan, berilah saya persoalan maka akan saya selesaikan. Sekali lagi, untuk para Perwira tidak ada anak buah yang salah, yang salah adalah saya, untuk itu saya minta kepada seluruh Perwira untuk tetap berada di tengah-tengah prajuritnya, arahkan dan bantu semaksimal mungkin," ujarnya.

Diakhir upacara pisah sambut, Brigjen TNI Marinir Umar Farouq langsung diarak oleh pasukan Taifib dan prajurit petarung Marinir lainnya keliling markas Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya