Siap-siap, TNI 3 Matra Akan Gelar Latihan Besar-besaran di Tiga Titik Lokasi Berbeda

VIVA Militer: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan, tahun ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan melakukan latihan gabungan besar-besaran yang akan dilaksanakan di tiga titik lokasi berbeda.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Hal itu disampaikan oleh Yudo Margono di hadapan seluruh pimpinan TNI tiga matra dalam Rapim TNI yang digelar di Museum Satria Mandala, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.

Yudo Margono menjelaskan, latihan gabungan yang akan dilaksanakan nanti akan diikuti oleh seluruh prajurit dan alutsista yang dimiliki TNI tiga matra yang berada dibawah komando Kogabwilhan I, II, dan III.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

"Nanti kita laksanakan di bulan 6 atau 7. Ini masih kita cek cuacanya. Kemudian kita laksanakan secara serentak Kogabwilhan I, II, III sesuai dengan Kotama Ops yang berada di bawahnya," kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono usai memimpin Rapim TNI di Museum Satria Mandala, Kamis, 9 Februari 2023.

Lebih jauh dia katakan, tujuan digelarnya latihan gabungan TNI tiga matra di tiga titik lokasi berbeda itu adalah untuk mengecek kesiapan seluruh prajurit TNI tiga matra, serta kemampuan alutsista TNI yang berada dibawah kendali Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, II, dan III.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

VIVA Militer: Panglima TNI Yudo Margono dan tiga Kepala Staf TNI

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

"Sehingga nanti dari situ kita bisa menghitung kebutuhan alutsista berapa sebenarnya yang dibutuhkan untuk tiga troublespot tadi. Kita punya tiga Kogabwilhan, kita berikan tiga troublespot dengan alutsista yang dimiliki oleh masing-masing Kotama Ops di bawah kendali Kogabwilhan tersebut," ujarnya.

"Tentunya kita lihat pasti Kogabwilhan III yang nanti kurang pasti. Nah di situ, nanti dari situ ini berapa kekurangannya. Nanti akan bisa menjadi kebutuhan alutsista yang harus kita ajukan dalam tahun anggaran berikutnya. Sehingga bisa menjadi pemenuhan," tambahnya.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi yang diperoleh VIVA Militer, tiga lokasi atau tiga troublespot yang rencananya akan digunakan untuk latihan gabungan tiga matra TNI adalah, Kogabwilhan I akan menggelar latihan gabungan di wilayah perairan Natuna, Kogabwilhan II rencananya akan menggelar latihan di wilayah perairan Tarakan, Kaltara. Sementara, Kogabwilhan III rencananya akan menggelar latihan di wilayah perairan Sorong, Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya