Perkuat Teritorial, KSAD Dudung Beberkan Rencana Penambahan Kodam Baru di Seluruh Provinsi

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, pihaknya akan mengusulkan penambahan satuan Komando Daerah Militer (Kodam) untuk memperkuat teritorial di seluruh penjuru tanah air.

Top Trending: Sosok Jenderal Bintang 1 Termuda TNI, Kowad Cantik Pernah Tugas di Lebanon

Menurut Dudung, saat ini jumlah Kodam masih jauh jika dibandingkan dengan jumlah provinsi yang ada di Indonesia. Sehingga, lanjut Kasad, penambahan Kodam sangat diperlukan untuk mengimbangi unsur jajaran pemerintahan daerah atau Forkopimda di masing-masing Provinsi.

"Jadi nanti, sesuai perintah dari Menhan, dan Panglima TNI sudah setuju, nanti setiap provinsi akan ada Kodam," kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai Rapim TNI AD 2023 di Mabesad, Jakarta Pusat, Jum'at, 10 Februari 2023.

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Operasi 20 Menit Rebut Homeyo dari Tangan OPM

Dudung mengaku, bahwa usulan penambahan Kodam itu sudah disetujui oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI).

"Kemhan nanti akan usulkan kepada Menpan, tentunya juga nanti akan dibicarakan dengan Kementerian Keuangan, karena kan akan menyangkut masalah anggaran," ujarnya.

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Lebih jauh lagi Kasad berharap, penambahan Kodam dapat terlaksana dalam waktu dekat ini. Hal itu dikarenakan untuk memperkuat teritorial dan kerjasama dengan Polda yang ada di seluruh provinsi.

"Kita menyesuaikan kalau dari Kemhan bahwa tantangan ke depan, karena polisi dulu tipe C Kolonel, tipe B bintang satu, tipe A bintang dua, sekarang semua sudah tipe A, semua bintang dua semua, sementara di tempat kami (TNI AD) provinisi masih ada yang Kolonel, sehingga nanti seimbanglah," tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini jumlah Kodam di seluruh Indonesia hanya ada 15 Kodam. 15 Kodam itu selama ini mengcover seluruh provinsi yang ada di seluruh Indonesia. 

Penambahan Kodam ini rencananya akan dilakukan tahun ini. Sementara, khusus untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Kodam akan dibangun bertahap, mengingat pendirian Kodam dilakukan dari awal sekali. Karena sejauh ini belum ada infrastruktur dan sumber daya manusia.

"Penambahan Kodam ini rencananya akan dilakukan tahun ini. Khusus untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Kodam akan dibangun bertahap, mengingat pendirian Kodam dilakukan dari awal sekali. Karena sejauh ini belum ada infrastruktur dan sumber daya manusia," kata Dudung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya