KSAU Pastikan Pesawat Militer C-130J Super Hercules Buatan AS Akan Tiba Awal Maret 2023 di Indonesia

VIVA Militer: KSAU meninjau ruang kabin pesawat militer C-130J Super Hercules
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menegaskan, pesawat C-130 J Super Hercules pesanan TNI Angkatan Udara akan tiba di tanah air, pada 6 Maret 2023 mendatang.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Hal itu ditegaskan KSAU usai menghadiri acara serah terima unit pertama pesawat militer C-130J Super Hercules yang akan memperkuat jajaran alutsista TNI AU dari perusahaan pembuat pesawat Lockheed Martin di Georgia, Amerika Serikat, Selasa, 21 Februari 2023.

Marsekal TNI Fadjar menegaskan, pesawat angkut berat super hercules tersebut akan diterbangkan dari pabriknya Lockheed Martin Aerospace, Georgia Amerika Serikat, pada 28 Februari 2023 mendatang.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

"Insya Allah, pesawat akan sampai di Indonesia tanggal 6 Maret 2023 yang diterbangkan oleh pilot dari Lockheed Martin," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) yang diterima VIVA Militer, Rabu, 22 Februari 2023.

KSAU menambahkan, 3 penerbang TNI AU akan ikut dalam penerbangan pertama dari AS ke Indonesia. 

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

VIVA Militer: KSAU terima pesawat C-130J Super Hercules dari Lockheed Martin

Photo :
  • Dispenau

Untuk diketahui, penyerahan first delivery C-130 J itu dilakukan oleh Mr. Rod Mc Lean selaku Vice President & General Management for mobility and Maritime Mission Lockheed Martin, yang disaksikan oleh Dubes RI luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk AS, Rosan Roslani dan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan.

Sejumlah pejabat utama Mabesau turut hadir mendampingi KSAU dalam acara serah terima pertama kali pesawat militer C-130J Super Hercules buatan Amerika Serikat tersebut, diantaranya adalah, Asrena Kasau, Asintel Kasau, Kadismatau dan Athan RI di Amerika Serikat. 

Sementara dari Lockheed Martin hadir Tonny Frese VP of AMMM International Program, Mark Jarvis acting VP of AMMM international Programs, dan Nancy Zusan VP Global Persuit.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, dalam waktu dekan ini TNI AU akan menambah 5 unit pesawat C-130J Super Hercules. Kelima pesawat akan datang secara bertahap, mulai Maret 2023, dan Juni 2023, Juli 2023, Oktober 2023 serta Januari 2024.

Nantinya, pesawat C-130J Super Hercules itu akan ditempatkan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya