Kapal Selam India Mendadak Muncul di Teluk Jakarta, TNI AL Berikan Penjagaan Ketat

VIVA Militer: Kapal Selam India INS Shindukesari muncul di Teluk Jakarta
Sumber :
  • Dispen Lantamal III

VIVA – Kapal Selam India, INS Shindukesari pagi tadi mendadak muncul di wilayah perairan Teluk Jakarta.

Terkuak! Pemilik Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal TNI Ternyata Pakai Pelat Dinas Palsu

Kedatangan Kapal Selam INS Shindukesari milik Angkatan Laut India ke Indonesia itu dilakukan dalam rangka mempererat hubungan bilateral antara dua negara.

Kapal Selam INS Shindukesari itu pun mendapatkan pengawalan ketat prajurit TNI Angkatan Laut dari jajaran Lantamal III Jakarta.

TNI dan Polri Minta Maaf kepada Masyarakat atas Bentrok Prajurit AL dan Brimob di Sorong

Setibanya di Teluk Jakarta, Kapal Selam India itu langsung diarahkan untuk bersandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut informasi yang dihimpun VIVA Militer, Kapal Selam India itu akan berada di Jakarta sampai hari Jum'at, 24 Februari 2023 mendatang. 

Mengupas Tuntas ‘Kenapa Iran Menyerang Israel?’

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Lantamal III Jakarta, kedatangan kapal selam India INS Shindukesari dengan komandan kapal Commander Libu Raj ke Dermaga JICT II Jakarta itu disambut hangat dengan prosesi upacara militer yang dipimpin Wakil Komandan Lantamal III Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto.

Sejumlah pejabat utama Lantamal III Jakarta pun turut hadir mendampingi Wadan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto. Tidak hanya itu, Atase Pertahanan (Athan) India untuk Indonesia,  Captain Ammmitabh Saxena pun turut hadir menyambut kedatangan salah satu kapal selam andalan militer India itu.

VIVA Militer:Prajurit Marinir jaga ketat kedatangan Kapal Selam India di Jakarta

Photo :
  • Dispen Lantamal III

Wadan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto ketika membacakan sambutan Danlantamal III Jakarta mengucapkan selamat datang kepada armada Kapal Selam India INS Shindukesari dan Komandan kapal Commander Libu Raj di Indonesia.

Wadan Lantamal III Jakarta menegaskan, TNI AL berkomitmen menjaga semangat Navy Brotherhood dengan seluruh Angkatan Laut negara-negara sahabat.

Dia menilai, kunjungan ini sangat penting untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara khususnya Angkatan Laut Republik India dengan TNI Angkatan Laut diberbagai bidang kerjasama. 

"Selama dua hari kedepan di Jakarta, ada beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan TNI AL. Semoga selama berkunjung ke Jakarta banyak manfaat yang didapat dan bisa menikmati dengan santai sebelum melanjutkan tugas di negara asal,” kata Wadan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Heri Prihartanto.

Terkait dengan pengamanan kapal militer negara asing itu, Kolonel Heri menegaskan, bahwa Lantamal III Jakarta telah mengerahkan beberapa unsur terkait untuk mengawal dan mengamankan kehadiran Kapal Selam India INS Shindukesari selama berada di Jakarta.

Adapun tim yang dikerahkan antara lain adalah, Tim Merploeqh Dissyahal Lantamal III, pengamanan terbuka Pomal Lantamal III, pengamanan tertutup Tim Intel Lantamal III, pengamanan dermaga pasukan Yonmarhanlan III dan pengamanan laut oleh Satrol Lantamal III. 

"Semua unsur pengamanan tersebut saling terkait guna kelancaran dalam mendukung pengamanan kapal-kapal asing yang bersandar di wilayah kerjanya Lantamal III tentunya dengan menerapkan prosedur dan ketetapan yang berlaku di TNI Angkatan Laut dengan standar internasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya