Kapolri Temui Prajurit Kopasgat yang Bertaruh Nyawa Demi Selamatkan Kapolda Jambi di Bukit Tamiai

VIVA Militer: Kapolri temui prajurit Kopasgat Kopda Ahmad Novrizal
Sumber :
  • Penkopasgat

VIVA – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo hari ini menemui prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara yang bertaruh nyawa saat mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono dari Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Jambi kemarin.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit menyempatkan diri untuk menemui secara langsung Komandan Batalyon Komando (Yonko) 462 Pulanggeni Pasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi yang memimpin operasi SAR evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono di Bandara Sultan Thaha, Jambi, Rabu, 22 Februari 2023.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Korps  Bhayangkara Polri itu juga menyempatkan diri untuk menemui Kopda Ahmad Novrizal, prajurit Yonko 462 Pasgat yang bertaruh nyawa bergelantungan di tandu yang membawa Kapolda Jambi ke atas pesawat Helikopter Super Puma H-3211 milik TNI AU yang digunakan untuk mengevakuasi Kapolda Jambi.

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

Di hadapan para prajurit tempur Kopasgat tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas keberanian pasukan elite TNI Angkatan Udara itu. 

Kapolri juga mengapresiasi seluruh tim SAR gabungan yang terlibat dalam proses evakuasi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan yang mengalami kecelakaan saat mendarat darurat di Bukit Tamiai Kerinci.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga mengucapkan terimakasih kepada Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi yang memimpin langsung pada proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono kemarin.

VIVA Militer: Kapolri ucapkan terima kasih ke Danyonko 462 Pasgat Letkol Junaidi

Photo :
  • Penkopasgat

Kapolri juga menyampaikan ucapan terimakasih dan salam buat Dankopasgat, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono atas bantuannya dengan mengirimkan bantuan Tim SAR TNI AU dalam proses evakuasi sejumlah anak buahnya yang mengalami kecelakaan saat sedang bertugas kemarin.

“Salam buat pimpinan, keluarga dari keluarga besar Polri," kata Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kepada Danyonko 462 Pulanggeni Letkol Pas Muhammad Junaidi.

Adapun Tim SAR Kopasgat TNI AU yang turut terlibat dalam operasi penyelamatan dan evakuasi rombongan Kapolda Jambi terdiri dari tujuh personel, mereka adalah Letkol Pas Muhammad Junaidi, Sertu Evis Lukman, Sertu Al Azhar, Kopda Firmanullah, Kopda Ahmad Novrizal,  Praka Demil, dan Prada Yonsan.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang dilakukan oleh Tim SAR Kopasgat TNI AU berlangsung sangat dramatis dan menegangkan.

Proses evakuasi dilakukan dengan teknik hovering, yaitu mengangkat korban menggunakan tali sling dengan posisi Helikopter tanpa mendarat ke permukaan.

Pada saat tandu yang membawa Kapolda Jambi diangkat ke atas oleh Helikopter Super Puma milik TNI AU, seorang prajurit Kopasgat yang bernama Kopda Ahmad Novrizal turut ikut mendampingi dengan cara bergelantungan di tandu Kapolda Jambi.

Awalnya, tandu terlihat stabil. Namun, pada saat di atas, tandu yang membawa Kapolda Jambi terhempas angin yang begitu kencang hingga berputar-putar di atas Bukit Tamiai.

Prajurit Kopasgat TNI AU yang gelantungan di atas tandu Kapolda Jambi pun ikut terputar di udara dengan posisi kedua kaki melayang di udara dan kedua tangan memeluk erat tandu yang membawa Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.

Berkat keberanian prajurit Kopasgat TNI AU yang bertaruh nyawa itu, kini Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dapat diselamatkan dan telah dibawa ke RS. Bhayangkara Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya