Miliki Pin Emas dari Presiden, Ternyata Komandan TNI Kolonel Sugiyono Satu Kampung Sama SBY

VIVA Militer: Danrem 081/DSj, Kolonel Inf Sugiyono.
Sumber :
  • Korem 081/Dhirotsaha Jaya

VIVA – Kolonel Inf Sugiyono telah resmi dilantik Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya, Mayor Jenderal Farid Makruf untuk menjabat Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya yang ke-40.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

Usai serah terima jabatan di  Gedung Balai Prajurit Kodam Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Senin 27 Februari 2023, Kolonel Inf Sugiyono mengungkapkan bahwa dengan bertugas di Korem 081 Madiun, baginya sama saja dengan pulang kampung.

Jadi ternyata, lulusan Akademi Militer 1995 itu, satu kampung dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY, Ia asli kelahiran Pacitan. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang masuk dalam wilayah kerja Korem 081/DSJ.

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

VIVA Militer: Danrem 081/DSj, Kolonel Inf Sugiyono.

Photo :
  • Korem 081/Dhirotsaha Jaya

"Alhamdulillah rasanya seperti pulang kampung. Bisa menjabat Komandan Korem di tanah kelahiran sendiri," kata Kolonel Inf Sugiyono dilansir VIVA Militer dari siaran resmi Penerangan Korem 081.

Rusia Ngamuk dan Ancam Serang Instalasi Militer Inggris, Apa Sebabnya?

Karena fakta itu, akhirnya Kolonel Inf Sugiyono meluncurkan program baru. Di awal kepemimpinannya sebagai Danrem 081, ia mencetuskan program Muleh Deso Bangun Deso.

"Dengan program Muleh Deso Bangun Deso, saya akan bekerja sama dan sama-sama bekerja dengan seluruh Forkopimda dan komponen bangsa lainnya untuk selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi," ujar Kolonel Inf Sugiyono.

Perlu diketahui, Kolonel Inf Sugiyono merupakan perwira menengah TNI Angkatan Darat pemilik pin emas. Pin itu merupakan hadiah dari Presiden RI, Joko Widodo.

VIVA Militer: Danrem 081/DSj, Kolonel Inf Sugiyono.

Photo :
  • Korem 081/Dhirotsaha Jaya

Pin itu dianugerahkan kepadanya karena ia dinilai sebagai Komandan Kodim terbaik dalam mendukung swasembada pangan. Penghargaan itu didapatkannya saat menjabat Dandim 0805/Ngawi pada tahun 2015.

"Bismillah, semoga semuanya dapat berjalan baik dan sesuai dengan harapan kita semuanya," ujar Kolonel Inf Sugiyono.

Sebelum dipercaya menggantikan Kolonel Inf Deni Rejeki sebagai Danrem 081, Kolonel Inf Sugiyono menjabat sebagai Kepala Staf di Korem 084/Bhaskara Jaya.

Kolonel Inf Sugiyono memulai karier militernya sebagai prajurit TNI di Batalyon Infanteri 143/Tri Wira Eka Jaya. Beberapa jabatan penting di TNI pernah diembannya, mulai dari Kepala Seksi Operasi Brigif-4/Dewa Ratna, Pabandya-3/Rendik Spaban Sisdik Sdirdik Kodiklatad, Kepala Seksi Operasi Korem 032/Wirabraja hingga Asisten Personel Kasdam VI/Mulawarman.

Kolonel Inf Sugiyono juga memiliki banyak pengalaman tugas operasi di daerah rawan RI. Mulai dari Operasi Militer di Timor Timur pada 1998, Operasi Pengamanan Daerah Rawan di Maluku tahun 2000, dan pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini tahun 2008.

Baca: Luar Biasa, Kolonel Peraih Pin Emas Presiden RI Dilantik Jadi Komandan Korem 081

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya