Sosok Letnan Ayu, Perwira Cantik Kostrad Satu-satunya Wanita yang Berani Ikut Tontangkas TNI

VIVA Militer: Letnan Dua Cba (K) Ayu
Sumber :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

VIVA – Ada hal yang luar biasa dalam perlombaan Peleton Tangkas (Tontangkas) yang digelar di Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad, TNI Angkatan Darat, awal pekan ini.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari ratusan prajurit TNI yang ikut dalam perlombaan lari militer itu, terlihat ada sosok seorang wanita cantik dari Korp Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad).

Prajurit Kowad itu hadir di sana bukan untuk nonton, tapi menjadi satu-satunya tentara wanita yang ikut dalam Tontangkas. Dia adalah Letnan Dua Cba (K) Ayu Astria Umelekhoa.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

VIVA Militer: Letnan Dua Cba (K) Ayu

Photo :
  • Akmil 2022

Berdasarkan siaran resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat dilansir VIVA Militer, Rabu 1 Maret 2023, perwira wanita TNI AD itu ikut Tontangkas dengan memperkuat tim Batalyon Bekang 2 Kostrad.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Hebatnya,  walau dia satu-satunya wanita dalam lomba itu. Namun tak ada keistimewaan yang diberikan pantia kepada. Tetap  saja, Letda Ayu harus berlari sejauh 5,5 kilometer dengan memanggul senjata laras panjang dan menggendong ransel yang berisi beban berat.

Dan lulusan Akademi Militer 2022 itu juga diwajibkan mengenakan seragam dinas lengkap, memakai sepatu PDL dan helm militer.

VIVA Militer: Letnan Dua Cba (K) Ayu

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

Memang bukan perkara mudah bagi Ayu untuk bisa dengan mulus sampai garis finish, beberapa kali ia terlihat di dorong oleh timnya untuk tetap berlari.

Walau begitu, gadis berparas cantik mantan Paskibra Nasional 2016 tersebut mampu menyelesaikan lomba dari star hingga finish bersama tim Yonbekang 2 Kostrad.

Menurut Letda Cba Ayu, ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti Tontangkas. Walau harus menguras energi, tapi ia merasa senang dapat terlibat dalam salah satu lomba militer terberat di TNI tersebut.

VIVA Militer: Letnan Dua Cba (K) Ayu

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat

"Saya bersyukur bisa tergabung di dalamnya, karena dengan saya mengikuti kegiatan ini dapat memperkaya ilmu dan pengalaman saya sebagai Prajurit TNI AD," kata Letda Cba Ayu.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Kostrad Tahun 2023 ini diikuti 15 Tim yang berasal dari Satuan Tempur (Satpur dan Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad. Tiap-tiap Tim berjumlah 23 orang yang terdiri dari 1 Danki, 1 Danton, 1 Baton dan 2 Danru, 2 Wadanru dan 16 orang anggota.

Baca: Belah Hutan Masuk Jurang, Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Cetak Sejarah Baru di Kampung Gembong OPM

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya