KSAU: Indonesia Negara Pertama yang Diperkuat Super Hercules C-130 J-30 di Kawasan Asia Tenggara

VIVA Militer: Pesawat Super Hercules C-130 J-30 tiba di Lanud Halim P.
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, kehadiran pesawat militer terbaru, Super Hercules C-130 J-30 buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Sebab, Indonesia adalah negara pertama di kawasan regional atau Asia Tenggara yang memiliki pesawat militer Super Hercules C-130 J-30. Dan hingga awal tahun 2024 nanti, TNI Angkatan Udara akan diperkuat lima unit pesawat Super Hercules C-130 J-30.

"Ini baru lagi dan di regional ini hanya baru Indonesia (yang mempunyai Pesawat Super Hercules C-130 J-30, di Asia tenggara baru Indonesia," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di sela-sela acara serah terima Pesawat Super Hercules C-130 J-30 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 8 Maret 2023.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Lebih jauh KSAU mengatakan, kehadiran pesawat Hercules sangat sesuai dengan kebutuhan geografis Indonesia. Menurut KSAU, kehadiran pesawat militer jenis angkut Hercules terbukti telah berperan dalam berbagai operasi di Indonesia, baik operasi militer maupun operasi selain perang seperti penanggulangan bencana alam.

"Apapun juga kita selalu mengandalkan Hercules. Indonesia adalah negara yang sudah menggunakan Hercules dari tahun 60an. Kita 2 bulan lalu baru mempensiunkan satu pesawat yang usianya kita pakai hampir 60 tahun kita pakai 60 tahun luar biasa kan umurnya," ujar Kasau.

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia di Karawang, Ini Kata Mabes TNI

VIVA Militer: KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Halim Perdanakusuma

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Lebih jauh lagi KSAU menambahkan, keunggulan pesawat Super Hercules buatan Loocked Martin, Amerika Serikat ini memiliki kelebihan dibanding pesawat kelas Hercules lainnya. 

Pesawat ini dapat mengangkut kurang lebih 20 ton logistik. Selain itu, secara teknologi, pesawat angkut militer ini lebih canggih dibandingkan pesawat Hercules yang selama ini memperkuat TNI AU.

"Kelebihannya ya mesinnya, enginenya itu baru lebih efisien, terbang lebih tinggi," kata KSAU.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pesawat Super Hercules C-130 J-30 dengan nomor ekor A-1339 buatan salah satu industri pertahanan ternama dunia, Lockheed Martin, Amerika Serikat itu tiba di Indonesia pada hari Senin siang, 6 Maret 2023 lalu.

Pesawat yang diterbangkan oleh pilot Lockheed Martin dengan menyertakan 2 penerbang TNI AU yaitu, Letkol Pnb Anjoe Manik/Danskd 31 dan  Letkol Pnb Alfonsus, serta 1 teknisi, Kapten Tek Janar langsung disambut hangat Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Agustinus Gustaf Brugman di Lanud Halim Perdanakusuma.

Pesawat C-130 J-30 Super Hercules A-1339 ini, merupakan pesawat pertama dari 5 unit yang dipesan oleh Kemenhan RI untuk memperkuat TNI AU. Selanjutnya secara bertahap pesawat jenis yang sama akan tiba di tanah air hingga awal tahun 2024.

Rencananya, pesawat ini akan memperkuat Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya