Wajah Cemas Istri Jenderal Top Kostrad Lihat Sendiri Putra Sulung Melayang Terjun dari Pesawat TNI

VIVA Militer: Nawal Lubis lihat Gilang di angkasa.
Sumber :
  • VIVA Militer/Istimewa

VIVA – Tokoh militer Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Edy Rahmayadi baru saja mendapatkan kebahagiaan atas keberhasilan putranya, Gilang Prasetya dalam melaksanakan penerjunanan perdana dari pesawat.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Peristiwa bersejarah itu diukir Gilang Prasetya dalam Pendidikan Para Dasar Taruna Akademi Militer angkatan IV yang dilaksanakan di Lapangan Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, TNI Angkatan Darat di Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

VIVA Militer: Gilang dan para taruna Akmil

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa
Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

"Selamat kepada anak kesayangan ayah, Gilang Prasetya yang baru saja mengikuti upacara penutupan Pendidikan Para Dasar Taruna Akmil Angkatan ke IV di Lapangan Suparlan Pusdiklatpassus, Batujajar Bandung sekaligus tampil melakukan penerjunan perdana dalam upacara tersebut," tulis mantan Panglima Kostrad TNI itu dalam akun IG pribadinya dilansir VIVA Militer, Kamis 9 Maret 2023.

Menurut Letjen TNI Edy, ia sebenarnya sangat ingin menyaksikan langsung peristiwa bersejarah itu. Namun apa daya, rencana itu tak bisa terlaksana. Dan akhirnya hanya peristiwa bersejarah itu hanya dapat disaksikan oleh Nawal Lubis, sang istri tercintanya saja.

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

"Besar keinginan saya untuk hadir menyaksikan langsung momen bersejarah tersebut, namun karena adanya tugas yang tidak bisa ditinggalkan sebagai Gubernur Sumut jadi hanya istri saya yang berangkat ke acara tersebut," tulisnya.

VIVA Militer: Gilang di angkasa.

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa

Saat Letjen TNI Edy berada di Sumut, Ibu Nawal Lubis dengan didampingi kerabat bertolak ke Bandung. Ia menyaksikan sendiri detik-detik putra sulungnya itu loncat dari pesawat dan melakukan penerjunan di langit biru kota kembang.

Dalam sejumlah foto yang disiarkan Letjen TNI Edy, terlihat jelas bagaimana Nawal Lubis dengan setia menanti sang putra sampai menginjakkan kaki ke bumi.

Namun, terlihat jelas, Nawal Lubis dirundung rasa cemas tat kala menyaksikan sang putra melayang-layang dengan parasut di atas langit tepat di atas kepalanya. Wajahnya sangat tegang sembari terus menatap ke angkasa.

VIVA Militer: Gilang dan Ibu Nawal Lubis.

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa

Dan Alhamdulillah, di hadapan ibunya dan disaksikan Komandan Jenderal Kopassus, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan, Gilang mendarat dengan mulus dan baik.

Nawal Lubis pun langsung menyongsong sang putra yang berjalan usai melepas parasutnya. Lalu dipeluknya putranya itu. Dirapihkannya seragam loreng taruna Gilang. Gilang pun tampak bahagia bisa menampilkan penerjunan yang baik kepada ibunya.

Penerjunan itu merupakan rangkaian terakhir dari Pendidikan Para Dasar Taruna Akmil Tingkat IV. Lebih dari lima pekan para taruna Akmil mengikuti pendidikan para dasar itu.

VIVA Militer: Gilang dan Ibu Nawal Lubis.

Photo :
  • VIVA Militer/Istimewa

Menurut Danjen Kopassus dalam amanatnya dalam penutupan kegiatan itu, apa yang telah dilaksanakan para taruna itu merupakan awal memperoleh predikat sebagai peterjun yang selalu siap diterjunkan ke semua penjuru yang masih dalam jangkauan satuan udara, baik sebagai kekuatan penangkal maupun sebagai kekuatan tempur guna mengatasi permasalahan secara cepat dan tepat dan tidak memberikan ruang sekecil apapun untuk berbuat kesalahan hingga secepat mungkin dapat menguasai dan menyelesaikan sasaran.

"Oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh mantan peserta didik, dengan penambahan kualifikasi Para Dasar ini, kalian harus lebih siap dan mampu melaksanakan tugas-tugas khusus di segala bentuk medan dan cuaca dengan mengutamakan unsur kecepatan, kerahasiaan dan pendadakan dalam rangka mendekati dan merebut sasaran," kata Mayjen TNI Iwan.

Baca: Kisah Militan Letnan Jenderal TNI Maruli Masuk Jurang Terjal di Hutan Kampung Gembong OPM Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya