Dimutasi Panglima TNI, Jenderal Kopassus Eks Perisai Hidup Jokowi Malah Pecah Sejarah Kodam Jaya

VIVA Militer: Mayjan TNI M H
Sumber :
  • Penerangan Kodam Iskandar Muda

VIVA – Ada sebuah fakta tak menarik di balik keputusan Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono untuk memutasi Mayor Jenderal Mohamad Hasan dari Aceh ke Jakarta guna menjabat Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Ternyata dengan keputusan Panglima TNI itu, Mayjen TNI M Hasan secara tak diduga telah mengukir sebuah sejarah baru di Kodam Jaya dan juga tentunya Kodam Iskandar Muda.

Mau tahu sejarah apa?. Simak ulasan VIVA Militer berikut ini:

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

VIVA Militer: Mayjan TNI M H

Photo :
  • Penerangan Kodam Iskandar Muda

Sejak Kodam Jaya pertama kali dibentuk pada tahun 1949 atau empat tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, sudah ada sebanyak 43 perwira TNI Angkatan Darat yang dipercaya untuk memegang tongkat komando Pangdam Jaya. Mulai dari Brigjen TNI (Purn.) Daan Jahja hingga Mayjen TNI Untung Budiharto.

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Namun, tidak ada seorang pun dari 43 pati itu yang sebelum menjabat Pangdam Jaya, pernah menjabat sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda.

Dan baru kali ini ada seorang Pangdam Iskandar Muda yang dipromosikan untuk menjabat Pangdam Jaya, beliau tak lain adalah Mayjen TNI M Hasan.

VIVA Militer: Mayjan TNI M H

Photo :
  • Penerangan Kodam Iskandar Muda

Perlu diketahui, Mayjen TNI M Hasan ini dipercaya jadi Pangdam Jaya ke-44 untuk menggantikan Mayjen TNI Untung Budiharto yang segera memasuki masa purna bhakti alias pensiun dari dinas aktif militer.

Mayjen TNI M Hasan mulai menjabat Pangdam Iskandar Muda Desember 2021, ketika itu menggantikan Mayor Jenderal TNI Achmad Marzuki. Sebelum ke Aceh, ia bertugas di Jakarta sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus).

Pada tahun 2016, alumni Akademi Militer 1993 ini pernah ditugaskan untuk menjadi perisai hidup Presiden Joko Widodo. Jadi ia dipercaya mengemban amanah menjabat Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Baca: Momen Bahagia Letnan Kolonel Ganteng Ponakan SBY 5 Hari Usai Jadi Komandan Trisula Kostrad TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya