Eks Danjen Kopassus Diangkat Jadi Warga Kehormatan Korps Baret Jingga

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto diangkat jadi Warga Kehormatan Kopasgat
Sumber :
  • Tim Media Prabowo Subianto

VIVA – Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus), yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Letnan Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto hari ini secara resmi diangkat sebagai warga kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara (TNI AU). Penyematan Brevet Kehormatan Kopasgat itu dilakukan melalui upacara militer sebagai tradisi pembaretan Korps Baret Jingga yang digelar di Lanud Sulaiman, Bandung, Jawa Barat.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Penganugerahan tersebut ditandai dengan penyematan Baret Jingga, Brevet Kehormatan Komando, Brevet Albara, dan Brevet Dalpur yang dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi oleh Komandan Kopasgat Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko kepada Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto di hadapan ratusan prajurit Korps Baret Jingga.

Penyematan Brevet Kehormatan Kopasgat kepada Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus ke-15 ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Prabowo yang dinilai sebagai salah satu tokoh yang memberikan dukungan dan berkontribusi nyata terhadap perkembangan dan pembinaan jajaran atau satuan Kopasgat TNI AU.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

"Baru saja saya menerima penghargaan diterima sebagai warga kehormatan Komando Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU, Korps Baret Jingga," kata Menhan RI Prabowo Subianto di Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa, 14 Maret 2023.

VIVA Militer: KSAU sematkan Brevet Kehormatan Kopasgat ke Prabowo

Photo :
  • Tim Media Prabowo Subianto
Bom Temuan Bekas Perang Dunia II Diledakkan di Lanud Silas Papare

"Saya sangat bangga menerima penghargaan tersebut. Saya berjanji akan menjaga kehormatan Korps Baret Jingga dengan penuh rasa tanggung jawab," tambahnya.

Setelah upacara penyematan Korps Baret Jingga, Prabowo juga memberikan alat peralatan pertahanan (alpalhan) untuk Kopasgat berupa 100 unit sepeda motor untuk operasional para prajurit Kopasgat di satuan masing-masing.

Bantuan alpalhan tersebut diberikan secara simbolis dari Menhan Prabowo kepada KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang didampingi oleh Komandan Kopasgat Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmitko.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga sempat meninjau sejumlah alutsista yang digunakan oleh pasukan elite TNI AU tersebut. Prabowo pun sempat mendengarkan penjelasan perihal alpalhan tersebut dari para personel Kopasgat yang mengawaki alutsista Korps Baret Jingga tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya