KSAL Sematkan Brevet Manusia Katak Kepada 4 Pati TNI AL Pelumpuh Teroris

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali sematkan Brevet Manusia Katak kepa 4 Pati TNI AL
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini menyematkan Brevet Kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska) atau Manusia Katak kepada empat Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang saat ini menyandang pangkat bintang dua emas di pundaknya atau Laksamana Muda (Laksda) TNI.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Keempat Pati TNI AL yang mendapatkan Brevet Kehormatan Manusia Katak itu adalah Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksda TNI Agus Hariadi, Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksda TNI Denih Hendrata, dan Deputi Bidang Pengkajian dan Penginderaan Setjen Wantanas yang juga mantan Pangkoarmada II, Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, sebelum penyematan Brevet Kehormatan Kopaska, keempat Pati TNI AL itu melakukan aksi penyerangan pangkalan atau demolisi bersama sejumlah pasukan Kopaska dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali dan Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Danpuskopaska) Laksma TNI Baroyo Eko Basuki.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Dalam penyerangan tersebut, para jenderal bintang dua TNI AL itu diskenariokan merebut pangkalan TNI AL yang sebelumnya telah dikuasai oleh kelompok teroris bersenjata. Dengan menggunakan Sea Rider, mereka bergerak cepat dan melakukan serangan ke pangkalan TNI Angkatan Laut, Pondok Dayung, Tanjung Priok.

Setelah itu, sejumlah pasukan elite TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh keempat Pati TNI AL itu langsung meringsek masuk pertahanan lawan dengan tiga kendaraan taktis milik Kopaska TNI AL sambil melakukan tembakan serangan.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

VIVA Militer: KSAL sematkan Brevet Manusia Katak kepada 4 Pati TNI AL

Photo :
  • Dispenal

Suara dentuman bahan peledak pun menggema keras di pangkalan TNI AL yang berada di Teluk Jakarta tersebut. Hanya dengan hitungan menit, prajurit pasukan elite Kopaska berhasil memukul mundur para teroris yang sebelumnya menguasai pangkalan tersebut.

Setelah berhasil menguasai pangkalan, keempat Pati bintang dua TNI AL itu mendapatkan empat sandi khusus, yaitu Kodak, Barakuda, Hiu, dan Paus.

Keberhasilan empat jenderal bintang dua TNI AL dalam melumpuhkan teroris yang sebelumnya telah menguasai pangkalan itu langsung disambut yel-yel kemenangan para pasukan elite Kopaska di lapangan upacara Kopaska, Pondok Dayung.

Kemudian, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Dankopaska  langsung melakukan penyematan Brevet Kehormatan Manusia Katak kepada keempat Pati TNI AL itu di hadapan ratusan pasukan Kopaska melalui upacara prosesi militer di Markas Pasukan Katak, Pondok Dayung, Jakarta Utara.

"Penyematan Brevet Kehormatan tersebut merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Kopaska TNI AL terhadap keempat Perwira Tinggi yang dinilai telah memberikan dharma bakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpatik dan moril untuk perkembangan dan kemajuan Kopaska TNI AL di masa lalu, saat ini, dan masa yang akan datang," kata KSAL Laksamana Muhammad Ali di Markas Kopaska, Pondok Dayung, Jum'at, 31 Maret 2023.

Untuk diketahui pula, penyematan Brevet Kehormatan Kopaska itu juga dilakukan bersamaan dengan peringatan HUT Kopaska ke-61 yang dilakukan secara terpusat di Markas Komando Pasukan Katak (Kopaska), Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya