Kabur Saat Mau Ditangkap, TNI Gadungan Ini Ditabrak Serda Ayupti hingga Tersungkur

VIVA Militer: Anggota TNI Gadungan berpangkat Sersan Mayor dibekuk di Bekasi
Sumber :
  • Pendam Jaya

VIVA – Personel Babinsa Koramil Jatiluhur, Kodim 0507/Bekasi Serda Ayupti berhasil menangkap seorang anggota TNI gadungan yang disinyalir telah meresahkan warga Bekasi, Jawa Barat.

Ngamuk, Milisi Islam Irak Gempur Tentara Israel di Dataran Tinggi Golan

Aksi penangkapan anggota TNI gadungan berpangkat Sersan Mayor (Serma) itu berlangsung sangat dramatis, karena diwarnai kejar-kejaran lantaran Serma gadungan itu sempat kabur ketika dihampiri oleh Serda Ayupti.

Jadi begini kisahnya, kejadian bermula ketika Serda Ayupti berangkat ke kantor dengan mengendarai kendaraan roda duanya untuk melaksanakan apel siaga di Kodim 0507/Bekasi pada hari Minggu pagi, 2 April 2023.

Korlantas Minta Pelat Nomor Dinas Lembaga Tercatat di Database Polri

Ketika melintas di sekitar jalan raya Wibawa Mukti 2, RW 10 Kelurahan Jati Asih Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi, Serda Ayupti berpapasan dengan seorang pria yang menggunakan pakaian dinas harian (PDH) yang tidak sesuai dengan penggunaannya.

Sebagai seorang prajurit aktif TNI AD, nalar Serda Ayupti pun berusaha menghampiri anggota TNI gadungan di atas motornya tersebut.

Cuma Anak Petani di Kaki Gunung, Kolonel eks Komandan Pasukan Elite Kostrad TNI Sabet Gelar Doktor

Ketika dihampiri, Serma TNI gadungan itu justru tancap gas dan berusaha melarikan diri dari Serda Ayupti.

Tak tinggal diam, Serda Ayupti pun langsung tancap gas untuk mengejar pria mencurigakan tersebut. Aksi kejar-kejaran pun terjadi, hingga Serda Ayupti menendang sepeda motor yang dikendarai anggota TNI gadungan tersebut hingga terjatuh.

VIVA Militer: Anggota TNI Gadungan berhasil dibekuk Babinsa Bekasi

Photo :
  • Pendam Jaya

Namun pelaku sempat melarikan diri, sehingga Serda Ayupti kembali mengejar pelaku menggunakan motor dan menabrak tentara gadungan tersebut hingga terjungkal. 

Lalu, pelaku pun langsung ditangkap dan dibantu warga untuk dibawa ke Markas Koramil 04/Jati Asih, selanjutnya diserahkan ke Polsek Jati Asih.

Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk Setyanto mengatakan, aksi menabrakkan motor ke arah anggota TNI gadungan itu dilakukan Serda Ayupti karena pada saat penangkapan oknum TNI gadungan itu berusaha melakukan perlawanan sehingga masyarakat turut membantu penangkapannya. 

"Pelaku saat ini sudah kami serahkan ke Polsek Jati Asih untuk diproses lebih lanjut," kata Dandim 0507/Bekasi Kolonel Kav Luluk dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer.

Lebih jauh dia menjelaskan, selain menyerahkan anggota TNI gadungan, pihaknya juga telah menyerahkan sejumlah barang bukti dari tentara gadungan yang turut diamankan, diantaranya satu buah seragam PDH PM Mabes TNI berpangkat Sersan Mayor, satu buah motor Vario 2017, satu buah STNK atas nama UD, satu buah KTP atas nama Adiyat Herriyadie, satu buah Blangko KTA TNI, serta uang tunai Rp850.000 dan kartu berobat rumah sakit.

"Tentara gadungan ini seringkali meresahkan masyarakat sekitar, yang dalam aksinya selalu menggunakan pakaian dinas PDH PM Mabes TNI. Sudah lebih dari 1 Tahun beraksi di wilayah Jati Asih, dengan meminta uang pada warga yang sedang hajatan, meminta uang ke masjid-masjid dengan modus dana sosial atau Takjil," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya